Search

Tak Cuma Narkoba, Berikut Zat yang Bisa Bercampur dengan ASI - detikHealth

Jakarta - Menyusui adalah cara yang paling baik untuk memberi makan sang buah hati mulai dari usia 0-2 tahun. Oleh sebab itu, segala makanan yang diasup oleh ibu juga akan dikonsumsi oleh bayi.

Beberapa pakar menyarankan untuk menghindari makanan atau minuman tertentu saat menyusui. Terlebih lagi ibu yang sedang menyusui tidak boleh mengonsumsi jenis narkoba apapun.

Kasus yang dialami oleh Medina Zein mendapat perhatian publik, terlebih kondisinya yang baru melahirkan beberapa bulan lalu dan sedang dalam masa menyusui. Narkoba akan bercampur dengan ASI yang akan mempengaruhi kualitas ASI dan tentu saja berdampak pada bayi.

Namun tak hanya narkoba, mengutip VeryWellMind beberapa zat ini juga bisa bercampur dengan ASI.
1. Ganja
Menggunakan produk ganja ketika menyusui membawa kekhawatiran bahwa efek neurotransmitter dari tetrahydrocannabinol (THC) dapat mempengaruhi sistem saraf anak.

Studi jangka panjang menemukan bahwa sering digunakan (setiap hari atau hampir setiap hari) dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan motorik. Efek THC pada ibu dapat merusak penilaian dan kemampuannya merawat bayi.

2. Alkohol
Minum alkohol saat sedang menyusui tidak dianjurkan. Mengonsumsi alkohol selama kehamilan dan menyusui akan membuat anak berisiko mengalami gangguan. Bayi yang menyusu setelah ibu minum satu atau dua gelas alkohol akan mengalami pola tidur yang buruk.

3. Obat penghilang rasa sakit
Beberapa obat penghilang rasa sakit diketahui meningkatkan risiko depresi neurobehavioral pada bayi yang terpajan melalui ASI.

4. Kafein
Untuk asupan kafein yang tinggi, bayi mengalami peningkatan iritabilitas dan pola tidur yang buruk. LactMed mengatakan bahwa para ahli merekomendasikan ibu membatasi diri hingga 300 miligram kafein per hari. Kandungan kafein minuman bervariasi, jadi ini mungkin hanya dua hingga tiga cangkir kopi yang diseduh. Juga pertimbangkan untuk mengurangi es teh dan minuman bersoda lainnya.

Simak Video "Kenali Masalah Menyusui pada Bayi yang Baru Lahir"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/frp)

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
December 31, 2019 at 12:08PM
https://ift.tt/2tn38OF

Tak Cuma Narkoba, Berikut Zat yang Bisa Bercampur dengan ASI - detikHealth
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

2 Responses to "Tak Cuma Narkoba, Berikut Zat yang Bisa Bercampur dengan ASI - detikHealth"

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. Suntuk tidak tau mau kemana yuk segera bermain bersama dan menangkan peluang hadiah hanya di DEWALOTTO segera buktikan sendiri ya all...
    ADD WA +855 888765575 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.