Search

Penelitian Ungkap Dampak Rutin Minum Kopi Pada Gula Darah - Jawa Pos

JawaPos.com – Diabetes karena gula darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penyakit komplikasi. Salah satu cara mengendalikan gula darah adalah dengan makan makanan yang sehat dan seimbang. Makanan dan minuman tertentu bisa menurunkan gula darah dan jenis kopi tertentu dapat menurunkan risiko hingga 60 persen.

Dilansir dari Express, Senin (30/12), diabetes tipe 2 dapat menimbulkan gejala-gejala seperti buang air kecil lebih dari biasanya, merasa haus, merasa sangat lelah dan memiliki pandangan yang kabur. Jika kondisi ini tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang pada mata, kaki, ginjal, otak dan jantung. Sementara makan makanan yang tinggi gula, lemak, dan garam dapat meningkatkan risiko.

Lantas, bagaimana dengan minum kopi?

Apa yang dimakan dan diminum oleh penderita diabetes tipe 2 secara langsung memengaruhi kadar glukosa darahnya. Minum kopi dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Sebuah studi baru mengungkapkan minum kopi yang disaring dapat mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Para peneliti mengatakan kopi yang disaring yang dapat memengaruhi kadar gula darah. Para ilmuwan membandingkan efek kopi yang disaring dan direbus pada ratusan responden selama tujuh tahun.

Penelitian yang dilakukan oleh Chalmers University of Technology dan Umeå University, melibatkan 842 orang dari wilayah Västerbotten di Swedia utara. Swedia adalah salah satu negara dengan asupan kopi tersaring tertinggi di dunia.

Penulis penelitian, Profesor Rikard Landberg mengatakan hasilnya jelas bahwa kopi yang disaring memiliki efek positif dalam hal mengurangi risiko diabetes tipe 2. Seseorang yang minum kopi yang disaring setiap hari dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 27 persen. Studi lain dengan American Diabetes Association menemukan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada perempuan yang lebih muda dan setengah baya.

Catatan Penting

Ingat, jangan tambahkan gula. Pakar kesehatan menyarankan untuk memastikan kopi tetap tanpa pemanis. Menambahkan susu, krim atau gula ke dalam kopi dapat meningkatkan jumlah kalori dan dapat memengaruhi kadar gula darah. Juga disarankan untuk tidak minum lebih dari 4 cangkir kopi sehari karena dapat meningkatkan tekanan darah seseorang.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
December 30, 2019 at 10:07AM
https://ift.tt/2MFe1Ce

Penelitian Ungkap Dampak Rutin Minum Kopi Pada Gula Darah - Jawa Pos
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penelitian Ungkap Dampak Rutin Minum Kopi Pada Gula Darah - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.