Search

7 Cara Sederhana Mengatasi Insomnia Secara Alami - TIMES Jatim

avail

TIMESJATIM, JAKARTA – Sebagian orang di dunia ini pasti pernah mengalami gangguan tidur yang akrab disebut insomnia. Baik dalam kadar yang ringan maupun berat. Gangguan insomnia disebabkan oleh banyak faktor. Dari mulai karena mengalami gangguan kesehatan, hingga punya masalah atau banyak pikiran. Lalu, bagaimana cara tepat mengatasi insomnia?

Jumlah tidur yang tidak cukup atau tidur yang terganggu dan berkualitas buruk, dapat memiliki konsekuensi jangka panjang dan jangka pendek yang serius? Berikut empat cara sederhana untuk mengatasi insomnia secara alami. 

1. Menggunakan minyak esensial

Sudah jadi rahasia umum bahwa minyak atsiri dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Minyak esensial lavender dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, mempersiapkan Anda untuk tidur. Semprotkan minyak ke bantal dan seprai sebelum mengenai tempat tidur. Anda juga bisa menghirup aromanya agar tidur lebih nyenyak.

2. Mandi dengan Air Hangat

Anda tidak akan pernah bisa tidur dengan nyenyak dan enak jika tubuh berada dalam kondisi kurang bersih. Apalagi Anda yang terbiasa bekerja di luar ruangan dan kerap bersentuhan dengan asap maupun debu di jalanan.

Karena itu, pastikan sebelum tidur mandilah dengan air hangat. Air hangat yang mengenai tubuh akan membuat badan lebih rileks dan segar. Dengan tubuh yang lebih rileks, maka Anda akan cepat ngantuk dan bisa tertidur dengan pulas.

3. Minum Susu Hangat

Cara mengatasi insomnia berikutnya adalah meminum susu hangat sebelum tidur. Rasa hangat yang masuk ke dalam perut akan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Sehingga akan mempermudah proses Anda untuk tidur dan terlelap.

4. Hindari dan Jauhkan Gadget

Bagi Anda yang mengalami masalah sulit tidur, sebaiknya mulai menjauhkan diri dari gadget. Terutama menjelang tidur. Bermain gadget sebelum tidur hanya akan membuat mata dan otak Anda tetap aktif yang akhirnya tubuh pun meresponsnya dengan tidak bisa tidur.

5. Matikan Lampu Kamar

Tidur dalam kondisi kamar yang lampu menyala hanya akan membuat mata tetap aktif. Otak pun merespon bahwa saat itu adalah siang hari. Jadi, agar mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas, pastikan Anda tidur dengan lampu kamar yang dimatikan.

6. Terapkan Jam Tidur yang Teratur

Pergi tidur dan bangun tidur dalam jam yang sama setiap hari akan membuat tubuh Anda terbiasa untuk tidur nyenyak. Cara mengatasi insomnia secara alami adalah dengan memilih jam saat Anda merasa paling lelah dan mengantuk setiap malam. Biasanya, para orang dewasa akan tidur pukul 10.00 atau 11.00 malam.

7. Makan Lebih Awal

Cara mengatasi insomnia secara alami selanjutnya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan berat tiga jam sebelum tidur. Selain itu juga jangan mengonsumsi terlalu banyak alkohol karena kadar gula yang banyak tersebut dapat memicu gangguan kesehatan tubuh, khususnya pada bagian jantung dan hati. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
December 27, 2019 at 04:39AM
https://ift.tt/2tQrCQG

7 Cara Sederhana Mengatasi Insomnia Secara Alami - TIMES Jatim
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Cara Sederhana Mengatasi Insomnia Secara Alami - TIMES Jatim"

Post a Comment

Powered by Blogger.