Search

5 Bagian Tubuh yang Tidak Perlu Terlalu Sering Dibersihkan - Bebaspedia

Saat kita mandi, tak jarang kita mebersihkan seluruh area tubuh kita dengan sabun. Bahkan sampai ke sela-sela yang sulit dijangkau sekalipun.

Namun ternyata, ada beberapa bagian tubuh yang tidak perlu terlalu sering dibersihkan. Berikut ulasannya!

1. Rambut

Terkadang ada beberapa orang yang sering sekali keramas saat mandi. Ada yang setiap hari, dua hari sekali, atau seminggu sekali, tergantung kondisi rambut dan kulit kepala.

Ternyata, terlalu sering keramas justru tidak baik untuk kulit kepala. Kita tidak perlu sering keramas jika memang kulit kepala kita tidak terlalu berminyak atau bahkan kering.

Kita hanya perlu keramas saat kulit kepala kita memang benar-benar berminyak.

2. Hidung

Cara terbaik untuk membersihkan hidung dari upil atau kotoran sebenarnya bukan dengan cara mengupil. Kita sebaiknya membersihkan hidung dengan menggunakan saline spray.

Apa itu saline spray?

Saline spray merupakan larutan yang berfungsi untuk membersihkan hidung. Kita bsia mendapatkannya di apotek atau toko obat.

Ditakutkan ketika kita menggunakan jari ketika membersihkan hidung, jika kita tidak hati-hati, justru akan melukai bagian dalam yang bisa menyebabkan pembengkakan hingga pendarahan.

3. Kaki dan Tangan

Seringkali kita terlalu menggosok bagian tangan dan kaki kita dengan sabun mandi agar bersih dari kotoran. Namun ternyata bagian lengan dan kaki kita tidak perlu terlalu dibersihkan, karena lengan dan kaki kita tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat.

Membersihkannya terlalu sering bahkan akan membuat lengan dan kaki terlihat kering. Tapi telapak kaki dan bagian ketiak tetap bisa digosok dengan sabun karena bagian tersebut banyak mengeluarkan keringat.

4. Mata

Mata kita sebenarnya sudah bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara memproduksi air mata dari kelenjar lakrima. Air mata tersebut membuat mata kita lembab, dan melindungi dari kotoran dan debu.

Namun ketika mata kita kemasukan benda asing, seringkali kita refleks menggunakan jari kita untuk membersihkannya. Padahal, bisa saja jari kita pun kotor dan bisa menyebabkan mata menjadi iritasi. Sebaiknya kita menggunakan obat tetes mata untuk menghilangkan benda asing tersebut.

5. Telinga

Terkadang kita sering menggunakan cotton bud untuk membersihkan saluran telinga, ternyata ada dampak kurang baik jika kita sering menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

Bagian dalam saluran telinga bisa terluka, iritasi dan membengkak jika tergesek oleh cotton bud. Lalu, kotoran telinga juga bisa terdorong masuk ke dalam telinga.

Saat mandi kita hanya perlu membersihkan bagian telinga luar saja, sebab kotoran telingan di saluran dalam sejatinya bisa keluar dengan sendirinya.

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
December 27, 2019 at 02:27PM
https://ift.tt/2QlVw6Z

5 Bagian Tubuh yang Tidak Perlu Terlalu Sering Dibersihkan - Bebaspedia
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Bagian Tubuh yang Tidak Perlu Terlalu Sering Dibersihkan - Bebaspedia"

Post a Comment

Powered by Blogger.