Search

11 Makanan Penangkal Efek Sinar UV Setelah Lihat Gerhana Matahari - ayobandung.com

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sebelum melihat gerhana matahari, Anda bisa mengonsumsi 11 makanan penangkal efek sinar UV.

Sinar UV tidak baik untuk kesehatan mata, kulit, dan organ lain yang terpapar secara langsung. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang dapat membantu menangkal efek buruk sinar UV, yaitu makanan yang mengandung antioksidan. Ini dia daftarnya, seperti dilansir dari laman Eat This.

1. Anggur

Polifenol di dalam anggur memberi efek perlindungan terhadap sengatan sinar UV. Jurnal of Agricultural and Food Chemistry menyebut bahwa polifenol dapat menghambat radikal bebas reactive oxygen species (ROS) yang diinduksi oleh sinar UVA atau UVA, serta senyawa berbahaya lainnya.

2. Paprika Merah

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Photochemical and Photobiology, paprika merah disebut mengandung beta karoten—pigmen tumbuhan dan prekursor vitamin A—yang memberikan perlindungan terhadap sengatan matahari. Jumlah beta karoten yang dikandung cukup banyak, yaitu 42.891 mikrogram per 100 gram.

3. Ubi

Satu cangkir ubi yang dimasak dan dihaluskan mengandung 30.976 mikrogram beta-karoten. Tips mengolah ubi, tambahkan sedikit minyak zaitun! Lemak tak jenuh yang sehat dari minyak zaitun akan membantu tubuh Anda menyerap lebih baik vitamin A pada ubi.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung squalene, senyawa yang memiliki kekuatan antioksidan dan mencegah kematian sel kulit akibat stres oksidatif, seperti paparan sinar matahari. Demikian ungkap hasil studi tahun 2009 dalam jurnal Molecules.

5. Stroberi

Stroberi dapat memberi perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Sebuah studi pada 2015 di International Journal of Molecular Sciences menyatakan bahwa stroberi memiliki kapasitas antioksidan yang tinggi, serta kandungan antosianin dan vitamin yang penting, yang menghasilkan efek perlindungan pada sel-sel kulit terhadap kerusakan yang disebabkan oleh UVA.

6. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E yang sangat penting untuk mencegah kerusakan akibat sinat matahari, dengan menjaga kulit tetap terhidrasi meski baru saja terpapar sinar matahari.

7. Ikan salmon

Ikan berwarna salem ini dapat mencegah kulit keriput akibat sinar matahari. Salmon dari laut dalam mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, yang telah terbukti meningkatkan kekebalan kulit terhadap sinar matahari.

8. Delima

Sinar UVB dikaitkan dengan berbagai gangguan kulit, seperti kanker dan penuaan dini. Untungnya, delima dapat melindungi kulit dari sinar UVB yang merusak. Delima adalah sumber yang kaya anthocyanin, tannin, dan antioksidan anti-inflamasi yang efektif dalam mengurangi efek berbahaya dari kerusakan kulit akibat sinar UVB, demikian menurut sebuah studi dalam jurnal Experimental Dermatology. Tak hanya itu, delima juga kaya serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

9. Tomat

Kandungan likopen pada tomat telah terbukti melindungi terhadap eritema atau kulit memerah yang disebabkan oleh paparan sinar UV, demikian menurut sebuah studi dalam The Journal of Nutrition. Hasil studi pun menunjukkan bahwa setelah 10 minggu suplementasi pasta tomat, responden mengalami pengurangan 40 persen dalam eritema dibandingkan kelompok yang tidak mengonsumsi buah.

10. Semangka

Sumber lain yang kaya akan likopen yang melindungi diri dari sinar matahari adalah semangka. Selain itu, buah yang berair ini juga mengandung banyak vitamin C yang telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap kerusakan UVA dan UVB.

11. Wortel

Wortel memiliki 3 kekuatan sekaligus untuk menangkal kerusakan akibat sinar UV, yaitu beta-karoten, likopen, dan vitamin C. Ketiga nutrisi kuat ini telah terbukti bertindak sebagai garis pertahanan terhadap efek berbahaya dari paparan sinar matahari termasuk kulit terbakar, kanker kulit, dan penuaan dini.

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
December 26, 2019 at 01:08PM
https://ift.tt/34Y4tJ3

11 Makanan Penangkal Efek Sinar UV Setelah Lihat Gerhana Matahari - ayobandung.com
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "11 Makanan Penangkal Efek Sinar UV Setelah Lihat Gerhana Matahari - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.