Search

Inilah yang Harus Dilakukan setelah Kehujanan - Trubus.id

Trubus.id -- Musim hujan tiba, kondisi ini sangat memungkinkan kamu mengalami kehujanan. Misalnya kehujanan saat perjalanan ke kantor atau perjalanan ke rumah dan kamu lupa membawa payung atau jas hujan. Terjebak dalam hujan dan tetap memakai pakaian yang basah kuyup akan mengakibatkan tubuh jadi kedinginan. 

Menjadi basah dan kedinginan dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan tubuh jadi sakit dan masuk angin. Perlu kamu ketahui, saat cuaca dan suhu tubuh dingin, virus pun akan berkembang. Itulah sebabnya kesehatan tubuh dapat terganggu saat cuaca dingin di musim hujan. 

Baca Lainnya : Waspada 5 Macam Penyakit di Musim Hujan

Menurut Health, Gangguan pilek, demam, pusing, hingga batuk yang sering terjadi di musim hujan disebabkan oleh virus dan bakteri yang semakin berkembang di cuaca dingin terutama setelah kehujanan. Itulah sebabnya setelah hujan orang akan lebih mudah sakit. Untuk menghindari sakit setelah kehujanan, coba lakukan empat hal berikut ini:

1. Segera Ganti Baju yang Basah

Tanpa perlu menunda-nunda, saat sampai di rumah, segeralah ganti baju yang basah akibat kehujanan. Meskipun baju tidak basah, lebih baik segera ganti agar tidak kedinginan. Ini supaya virus dan bakteri yang menempel di baju tidak menyebabkan penyakit di tubuh. 

2. Mandi dengan Air Hangat

Virus dan bakteri yang berkeliaran saat hujan kemungkinan juga hinggap di tubuh. Maka dari itu, segeralah mandi dengan air hangat untuk membersihkannya. Mandilah dengan membasahi rambut hingga ujung kaki. Setelah mandi, keringkan tubuh, terutama bagian rambut. Rambut yang basah dapat menyebabkan tubuh kedinginan dan pusing.

3. Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Setelah mandi, tubuh akan merasa lebih nyaman. Akan lebih baik lagi jika kamu segera mengonsumsi minuman atau makanan hangat. Setidaknya cobalah minum teh panas yang dicampur madu dan lemon. Tidak hanya membuat tubuh lebih hangat dan nyaman, madu dan lemon mengandung vitamin C yang dapat mencegah flu. 

4. Lakukan Stretching Ringan

Saat terjebak hujan, tubuh akan kedinginan dan mungkin menyebabkan tubuh menggigil dan kaku. Cobalah untuk melakukan sedikit peregangan ringan untuk merilekskan tubuh yang kaku. Stretching juga dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat dan memperlancar aliran darah. 

Dampak Cuaca Dingin pada Virus dan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada cuaca dingin, rhinovirus dapat bereplikasi lebih cepat pada suhu yang lebih rendah dari 37 derajat Celsius, yang merupakan suhu rata-rata inti tubuh manusia. Suhu di dalam rongga hidung adalah sekitar 33 derajat Celsius yang dapat membuatnya menjadi tempat berkembang biak ideal bagi rhinovirus. 

Baca Lainnya : Mengapa Sangat Tidak Dianjurkan Berenang saat Hujan Turun?

Virus influenza yang menyebabkan flu juga dapat bertahan dan menyebar lebih mudah saat udara dingin dan kering. Selain itu, cuaca dingin dapat memengaruhi respons imun seseorang yang membuat tubuh lebih sulit untuk melawan infeksi. Alasannya karena berkurangnya kadar vitamin D akibat berkurang pula paparan sinar matahari. Vitamin D berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. 

Di sisi lain, suhu rendah dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Menghirup udara dingin dan kering membuat pembuluh darah di saluran pernapasan bagian atas menyempit untuk menghemat panas. Ini dapat mencegah sel-sel darah putih mencapai selaput lendir, membuatnya lebih sulit bagi tubuh untuk melawan kuman. 

Editor : System

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
December 28, 2019 at 02:00PM
https://ift.tt/34YVwz3

Inilah yang Harus Dilakukan setelah Kehujanan - Trubus.id
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Inilah yang Harus Dilakukan setelah Kehujanan - Trubus.id"

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.