Search

Penelitian Ilmuwan: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan - Hidyatullah.com mengabarkan kebenaran

Tim peneliti “tidak sepenuhnya memahami mekanisme spesifiknya,” tetapi dengan bimbingan dokter, diet puasa dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat

Hidayatullah.com– Menurut tim ilmuwan, banyak bukti bahwa diet puasa (intermittent fasting bisa memicu peralihan metabolik, yang bisa memberikan efek bermanfaat bagi kesehatan seperti misalnya memperpanjang usia.

Sebuah laporan yang diterbitkan jurnal medis umum pekanan New England Journal of Medicine pada pekan in, Rabu (25/12/2019), mengungkapkan, makan pada rentang waktu enam jam dan berpuasa selama 18 jam bisa memicu peralihan metabolik dari energi berbasis glukosa menjadi energi berbasis keton, artinya sumber energi tubuh beralih dari gula ke lemak.

Peralihan metabolik, ungkap penelitian itu, bisa meningkatkan daya tahan terhadap stres, memperpanjang usia, serta menurunkan peluang terserang penyakit termasuk kanker dan obesitas.

Penelitian tersebut membeberkan, karena sebagian besar riset berfokus pada orang dewasa paruh baya dan anak muda yang kelebihan berat badan, dibutuhkan lebih banyak upaya untuk menemukan apakah berpuasa bagus untuk segmen populasi lainnya.

Baca: Kepala BKKBN: Puasa Senin-Kamis dan Mandi Tengah Malam Bikin Sehat

Mark Mattson, profesor ilmu saraf di Universitas Johns Hopkins Amerika Serikat yang juga menjadi penulis dalam penelitian ini, mengatakan, Tim peneliti “tidak sepenuhnya memahami mekanisme spesifiknya,” tetapi dengan bimbingan dokter, diet puasa dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat kutip INI-Net, Jumat (27/12/2019).

Kata Mattson, ada dua bentuk puasa yang umum, yaitu puasa harian dengan aktivitas makan dibatasi waktu dan puasa selama dua hari dalam sepekan, dengan asupan makanan dibatasi 500 hingga 700 kalori pada waktu hari berpuasa.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
December 27, 2019 at 05:26PM
https://ift.tt/2tancUl

Penelitian Ilmuwan: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan - Hidyatullah.com mengabarkan kebenaran
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Penelitian Ilmuwan: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan - Hidyatullah.com mengabarkan kebenaran"


  1. Suntuk tidak tau mau kemana yuk segera bermain bersama dan menangkan peluang hadiah hanya di DEWALOTTO segera buktikan sendiri ya all...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.