Search

Serius Tangani HIV/AIDS, Pemkab Kukuhkan Pengurus KPA Pangandaran - Harapan Rakyat

KPA Pangandaran
Pengukuhan pengurus KPA Pangandaran. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Pengurus KPA Pangandaran dikukuhkan oleh Wakil Bupati Pangandaran, H Adang Hadari, Jum’at (20/12/2019) di Aula Setda Kabupaten Pangandaran.

Komisi Penanggulangan Aids (KPA) ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab Pangandaran dalam upaya menangani permasalahan seputar HIV/AIDS.

“Tahun lalu ditandatangani Perbup Nomor 40 Tahun 2018 tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS,” ujar H Adang Hadari.

Perbup tersebut merupakan dasar bagi Pemkab Pangandaran dalam melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS di Kabupaten Pangandaran.

“Apalagi Kabupaten Pangandaran merupakan daerah tujuan wisata, tentunya jadi daerah terbuka. Karena itu, Pemkab juga membuat program untuk penguatan karakter bagi generasi muda,” katanya.

Dalam upaya membentengi anak-anak dan remaja dari efek negative globalisasi, kata Adang, Pemkab Pangandaran telah meluncurkan program pendidikan karakter.

“Program itu mencakup Ajengan Masuk Desa, Pangandaran Mengaji, termasuk Pendidikan Kepramukaan. Semua program bertujuan membentuk generasi muda yang tangguh dengan pendekatan ajaran agama dan moral,” lanjut Adang.

Termasuk, kata dia, wujud dari implementasi Perbup Nomor 40 Tahun 2018 adalah pengukuhan pengurus KPA Pangandaran

“Dengan kepengurusan yang baru, diharapkan ada inovasi dan langkah yang tentunya disinergikan dengan OPD terkait, baik pemerintahan, organisasi profesi, termasuk juga melibatkan tokoh agama dan masyarakat,” terang Adang.

Adang berharap, dengan pembentukan KPA Pangandaran tidak ada lagi penularan HIV, terpenting juga tidak ada lagi kematian karena AIDS.

“Selain itu, tidak ada lagi stigma negative dan juga diskrimnasi terhadap ODHA (Orang Dengan HIV AIDS),” tegas Adang.

Pengukuhan pengurus KPA Kabupaten Pangandaran tersebut juga diisi dengan sosialisasi dan advokasi untuk mencegah dan menanggulangi HIV/AID. Hadir sebagai narasumber adalah Kepala Bagian Hukum dari Dinkes Jawa Barat dan KPA Jawa Barat.

Selain sosialisasi juga digelas tes VCT dan donor darah untuk warga Pangandaran secara gratis. (Enceng/R7/HR-Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
December 20, 2019 at 08:33PM
https://ift.tt/36XsHok

Serius Tangani HIV/AIDS, Pemkab Kukuhkan Pengurus KPA Pangandaran - Harapan Rakyat
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serius Tangani HIV/AIDS, Pemkab Kukuhkan Pengurus KPA Pangandaran - Harapan Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.