Search

Tiga RS di Jakarta Dipersiapkan untuk Hadapi Virus Corona - Republika Online

RS Persahabatan, Sulianti Saroso dan Gatot Subroto disiapkan untuk pasien Corona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak tiga rumah sakit di Jakarta telah dipersiapkan untuk menghadapi kasus virus corona Wuhan. Ketiga rumah sakit tersebut antara lain RSUP Persahabatan di Jakarta Timur, RSPI Sulianti Saroso di Jakarta Utara dan RSPAD Gatot Subroto di Jakarta Pusat.

Ketiga rumah sakit tersebut telah mempersiapkan fasilitas sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seperti ruang isolasi beserta alat bantu pernapasan, dan staf medis yang cukup dan mumpuni.

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, dr. Erlina Burhan SpP(K), MSc, PhD mengungkapkan pihak rumah sakit telah menyediakan ruangan untuk belasan pasien. "Kami sudah siap, kami punya satu bangsal atau ruang isolasi, dua ruangan pakai ventilator, yang lainnya ruang rawat biasa ada 12 bed," ujar dr Erlina saat ditemui di Jakarta, Kamis (30/1).

Ia juga menjelaskan bahwa rumah sakit telah menyiapkan tata laksana isolasi dan karantina sesuai petunjuk WHO. Dengan fasilitas tersebut, pihak rumah sakit dapat merawat suspek virus Corona Wuhan. Kendati begitu, dr Erlina berharap tidak ada satupun kasus positif di Indonesia.

Sementara itu per Kamis (30/1), Kementerian Kesehatan mengatakan tidak ada satupun kasus terkonfirmasi positif virus corona Wuhan di Indonesia. Terdapat 34 orang dari seluruh Indonesia yang dirumorkan terinfeksi virus ini, tetapi hanya 16 orang yang masuk dalam pemantauan.

Dari sebanyak 16 orang tersebut sebanyak 8 orang masih dalam proses pengecekan virus, 5 orang dinyatakan negatif dan sisanya sudah pulang karena kembali sehat. Sementara itu WHO baru saja menyatakan virus Corona Wuhan sebagai darurat global, karena wabah terus menyebar di luar China.

"Alasan utama deklarasi ini bukanlah apa yang terjadi di China tetapi apa yang terjadi di negara lain," kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Kekhawatirannya adalah bahwa itu dapat menyebar ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah.

Setidaknya 213 orang telah meninggal di China, dengan hampir 10 ribu kasus virus. WHO mengatakan ada 98 kasus di 18 negara lain, tetapi tidak ada kematian.
Sebagian besar kasus internasional terjadi pada orang-orang yang pernah ke kota Wuhan di China, di mana wabah dimulai.

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
January 31, 2020 at 03:11PM
https://ift.tt/2RJvooM

Tiga RS di Jakarta Dipersiapkan untuk Hadapi Virus Corona - Republika Online
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tiga RS di Jakarta Dipersiapkan untuk Hadapi Virus Corona - Republika Online"

Post a Comment

Powered by Blogger.