Search

Diumumkan Jadi Situasi Darurat Global, Bagaimana Wabah Virus Corona Dimulai? - detikHealth

Jakarta -

Baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan wabah virus corona mematikan yang menyebar di China, menjadi situasi darurat global sebagai 'peristiwa luar biasa'. Pengumuman yang disampaikan pada Kamis (30/1) lalu diambil setelah terjadi lonjakan angka kematian terbesar dalam sehari.

"Kekhawatiran terbesar kami adalah potensi penyebaran virus ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah," kata petinggi WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah pengarahan di Jenewa seperti dikutip dari AFP, Jumat (31/1/2020).

Bagaimana wabah mematikan ini dimulai?


Dikutip dari Fox News, Kantor WHO di China mengatakan pihaknya mendapat laporan terkait virus corona jenis baru pada akhir Desember 2019 lalu. Ini bermula saat muncul virus misterius yang menyebabkan sejumlah kasus pneumonia yang terjadi di Wuhan, China.

Para peneliti di sana menduga virus ini berasal dari pasar yang menjual makanan laut di Wuhan. Selain hasil laut, di sana juga menjual beberapa hewan liar termasuk burung, kelelawar, dan ular.

Awalnya virus tersebut dipercaya berasal dari ular. Tapi, berdasarkan penelitian tim ahli virologi di Institut Virologi Wuhan, ditemukan bahwa virus corona lebih mungkin berasal dari kelelawar yang diketahui sebagai sumber wabah SARS juga.

Hingga akhirnya pada 1 Januari lalu, pihak berwenang menutup pasar yang diduga menjadi sumber virus tersebut. Kini, virus tersebut masih menyebar di berbagai negara seperti, China, Amerika Serikat, bahkan kasus baru yang muncul di Filipina.

Simak Video "WHO: Status Wabah Virus Corona Darurat Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
January 31, 2020 at 11:00AM
https://ift.tt/38S7xIV

Diumumkan Jadi Situasi Darurat Global, Bagaimana Wabah Virus Corona Dimulai? - detikHealth
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diumumkan Jadi Situasi Darurat Global, Bagaimana Wabah Virus Corona Dimulai? - detikHealth"

Post a Comment

Powered by Blogger.