Search

IDI: Belum Ada Laporan Virus Korona Penyebab Tunggal Kematian - iNews

JAKARTA, iNews.id – Ikatan Dokter Indonesia menyatakan hingga saat ini hingga saat ini belum ada laporan virus korona atau 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) merupakan penyebab tunggal dari kematian para korban. Virus ini pertama kali muncul dan telah menginfeksi ribuan orang di Wuhan, China.

Ketua Umum IDI Daeng Mohammad Faqih mengatakan, berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus korona bukan satu-satunya sebab kematian pada korban yang terjangkit. Mereka yang terinfeksi juga disertai penyakit lain.

Menurut dia, orang yang sedang menderita penyakit tertentu, kemudian terinfeksi dengan virus korona, kondisi orang tersebut semakin parah. Kondisi itu juga dapat menyebabkan kematian.

"Virus dan penyakit lain yang bersamaan itu saling memperberat. Kalau kasus tunggal karena penyakit (virus korona) itu saja, itu belum dilaporkan," tutur Daeng di Jakarta, Minggu (26/1/2020).

BACA JUGA: Dokter yang Menangani Korban Virus Korona Meninggal

Dia mengatakan di antara kematian pasien yang terjangkit virus korona, ada yang memang memiliki penyakit lain seperti diabetes dan gagal ginjal. Karena terinfeksi virus, kondisi pasien bertambah parah.

Terkait itu, para pakar sedang meneliti terkait ada tidaknya kematian yang secara tunggal disebabkan oleh infeksi virus korona tersebut.

Lebih dari 2.000 orang di seluruh dunia tertular virus korona jenis baru tersebut. Sebagian besar berada di China dengan sedikitnya 56 orang meninggal. China memastikan hingga Sabtu (25/1/2020) kemarin, terdapat 1.975 kasus pasien yang tertular virus korona.

Virus korona sebenarnya banyak didapati di hewan. Adapun di Wuhan, banyak yang menderita penyakit itu setelah makan sup ular maupun kelelawar. Untuk itu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk menemukan hewan pembawa virus itu.

Virus korona kemudian mewabah. Penularan virus ini tidak hanya dari hewan ke manusia, tapi juga bisa antarmanusia, sehingga penyebarannya cepat.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
January 26, 2020 at 08:15PM
https://ift.tt/2RtpyaK

IDI: Belum Ada Laporan Virus Korona Penyebab Tunggal Kematian - iNews
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

2 Responses to "IDI: Belum Ada Laporan Virus Korona Penyebab Tunggal Kematian - iNews"

  1. Izin ya admin..:)
    Main dan Menangkan permainan bersama kami di ARENADOMINO 8 permainan poker online tanpa robot silahkan main dan buktikan sendiri jika kesulitan bisa
    dibantu dalam pendaftaran silahkan langsung bergabung untuk info lebih jelas WA +855 96 4967353

    ReplyDelete
  2. Dengan modal 20,xxx Anda bisa dapatkan hadiah jutaan hingga puluhan juta
    Yuk merapat kesini I+O+N+Q+Q ^^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.