Search

Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Minimalkan Paparan Virus Corona - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Mencuci tangan sangat diimbau untuk menangkal berbagai virus, termasuk virus corona, sebab tangan digunakan untuk melakukan kontak dengan orang sekitar. Apabila tidak dicuci dengan benar, maka risiko virus bisa ditularkan.

Sayangnya, masih minim pengetahuan masyarakat tentang cara mencuci tangan dengan benar. Untuk itu, dokter spesialis paru Erlina Burhan pun membagikan tips. Pertama, ia menyarankan untuk memilih sabun cuci tangan dengan kandungan disinfektan yang tinggi.

Salah satu contohnya adalah sabun yang memiliki kadar alkohol 70 persen. Erlina menjelaskan ini diyakini bisa membunuh virus dan bakteri.

“Ini paling murah dan banyak dijual, boleh dalam bentuk batangan atau cair,” katanya dalam acara Info Sehat FKUI pada Kamis, 30 Januari 2020.

Selanjutnya, dalam mencuci tangan, ia mengimbau agar setiap orang menggosok setiap permukaan dengan benar, meliputi telapak tangan, punggung tangan, dan kuku.

“Jangan asal basah kena sabun terus sudah, tapi benar-benar digosok seluruh bagiannya supaya mati virusnya,” ungkapnya.

Intensitas mencuci tangan juga wajib diperhatikan. Menurutnya, cuci tangan tidak boleh dilakukan secara berlebihan maupun kurang. Namun, yang pasti ini bergantung pada aktivitas yang dikerjakan.

“Contohnya kalau baru berjabat tangan atau naik metro mini, ya sewajarnya cuci tangan karena virus ini bisa menyebar di mana saja, jadi amannya dicuci,” jelasnya.

Jika karena kondisi tertentu sehingga tidak bisa mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Erlina mengimbau agar masyarakat selalu menyediakan tisu basah atau cairan antiseptik.

“Sebenarnya lebih baik cuci dengan air dan sabun. Tapi kalau tidak bisa, pakai tisu basah dan cairan antiseptik dengan kandungan alkohol juga boleh,” tuturnya.

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 01, 2020 at 05:45AM
https://ift.tt/2thaxQ0

Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Minimalkan Paparan Virus Corona - Tempo.co
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Minimalkan Paparan Virus Corona - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.