Search

Sempat Disalahkan karena Bilirubin Anak Tinggi, Kartika Putri: Tiap Hari Aku Jemur - Mobile Akurat

AKURAT.CO Selain menanggung beban kesedihan karena anaknya terserang penyakit kuning, Kartika Putri juga harus sabar menghadapi cercaan orang lain yang telah menilainya lalai dalam mengurus sang buah hati.

Seperti diketahui, anak Kartika yang bernama Khalisa Aghnia Bahirah itu kini dirawat di Rumah Sakit Brawijaya, Jakarta Selatan. Setelah melalui pemeriksaan, ternyata kadar bilirubin dalam darahnya tinggi yakni mencapai 17 mg/dL.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, wanita yang akrab disapa Karput ini mengungkapkan bahwa normalnya, kadar bilirubin pada bayi itu maksimal 12 mg/dL.

baca juga:

"(Bilirubin) maksimalnya 12. Jadi 8 sampai dengan 12," ungkap Karput ditemui di RS Brawijaya, Jakarta Selatan, Senin (28/10).

Menurut Kartika, kondisi pada anaknya itu sempat membuatnya disalahkan oleh pihak keluarga dan juga warganet yang banyak memberi komentar di akun sosial medianya. Dia dinilai lalai, tak pernah menjemur bayi saat pagi hari.

"Nyalahin lah, ya itu tadi sih ya maksudnya 'gak dijemur kali, susunya gak bener kali, makan nya gak bener kali'. Ya mungkin akunya lagi sensitif banget gitu jadi pada saat mamah aku ngomong gitu kayak 'nggak kok' gitu'," tuturnya.

Memang, metode menjemur bayi saat pagi hari itu dilakukan agar asupan sinar matahari untuk tubuh sang bayi bisa terpenuhi, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit. Salah satunya penyakit kuning yang dialami bayi Karput.

Terkait hal tersebut, istri Usman bin Yahya ini mengaku rutin menjemur sang putri setiap hari selama 1 jam.

"Tiap hari aku jemur 1 jam. Ya itu sih. Jadinya mau menyalahin diri sendiri atau jam jemurnya," ujarnya.

Meski harus rela melihat bayinya menderita sakit kuning, Karput bersyukur karena kadar bilirubin sang putri tak mencapai angka 20 mg/dL.

Wanita 29 tahun ini pun bertekad akan membawa bayinya pulang kerumah jika kadar bilirubin sudah turun hingga ke 8 mg/dL.

"Dokternya masih menenangkan bilang Alhamdulillah nya belum 20 kalau 20 harus ambil infus tapi targetnya aku pulang ke rumah selama kondisi babynya bilirubinya 8," pungkas Karput. []

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
October 28, 2019 at 01:40PM
https://ift.tt/2Priuuv

Sempat Disalahkan karena Bilirubin Anak Tinggi, Kartika Putri: Tiap Hari Aku Jemur - Mobile Akurat
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sempat Disalahkan karena Bilirubin Anak Tinggi, Kartika Putri: Tiap Hari Aku Jemur - Mobile Akurat"

Post a Comment

Powered by Blogger.