Search

88 Warga Mukomuko, Bengkulu Terserang DBD - BeritaSatu

Bengkulu, Beritasatu.com - Sebanyak 88 orang warga Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, diserang penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD), menyusul perubahan cuaca dari musim kemarau memasuki musim hujan.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko, Bustami Bustomo, di Bengkulu, Selasa (29/10/2019) mengatakan, awalnya penderita DBD di daerah ini hanya 67 kasus, tapi pada bulan September dan Oktober jumlah meningkat sebanyak 88 kasus.

Pendetita DBD sebanyak ini tercatat di 17 puskesmas yang ada di Kabupaten Mukomuko. "Kita bersyukur meski penderita DBD di Mukomuko cukup banyak 88 kasus, tapi tidak ada korban yang sampai meninggal dunia," ujarnya.

Hal ini terjadi karena masyarakat mengetahui anggota keluarganya terindikasi terkena DBD langsung dibawah ke puskesmas dan rumah sakit umum (RSU) setempat untuk diberikan pengotan secara intensif.

Dengan demikian, korban DBD di daerah ini dapat disembuhkan dalam waktu singkat. "Kita mengimbau masyarakat Mukomuko untuk mewaspadai DBD karena saat ini sudah memasuki perubahan cuaca dari kemarau ke musim hujan," ujarnya.

Pada musim hujan nyamuk penyebab DBD bertelur dan berkembang biak, sehingga penyakit DBD menyerarang masyarakat. Karena itu, Dinkes Mukomuko mengimbau masyarakat untuk menjaga keberishan lingkungan di sekitar tempat tinggal agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Selain itu, warga juga diminta rutin membersihkanb bak mandi, menutupi lobang agar tidak menjadi genangan air pada musim hujan serta membakar sampah rumah tangga secara rutin, sehingga nyamuk penyebab DBD tidak berkembang baik.

Bustami menambahkan, dari 88 korban DB tersebut, terbanyak terjadi di Kecamatan Penarik dan Lubik Pinang. Korban DBD rata-rata berusia 15-44 tahun. Korban terkena DBD akibat terjangkit dari warga luar daerah.

Sebab, dari hasil penelitian Dinkes Mukomuko tidak ditemukan bibit DBD yang menyebar di lokasi tempat ditemukan penderita penyakit mematikan tersebut. "Atas dasar inilah kita simpulkan warga yang terkena DBD karena terluar dari warga pendatang," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kasus DBD tidak melaus di Mukomuko, pihaknya telah melakukan pengasapan di daerah yang temukan penderita DBD. Hal ini dilakukan agar korban di DBD di daerah tersebut tidak bertambah lagi.

Sumber: Suara Pembaruan

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
October 30, 2019 at 08:36AM
https://ift.tt/2pohjBC

88 Warga Mukomuko, Bengkulu Terserang DBD - BeritaSatu
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "88 Warga Mukomuko, Bengkulu Terserang DBD - BeritaSatu"

Post a Comment

Powered by Blogger.