Search

Diet Rendah Lemak dan Rendah Karbohidrat, Mana Lebih Efektif? - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Ketika ingin menurunkan berat badan, rasanya kita mudah tergoda untuk mengikuti beragam jenis diet yang menjanjikan turun berat badan dengan cepat.

Dua jenis pola makan yang cukup sering kita dengar adalah diet rendah karbohidrat dan rendah lemak. Keduanya menjanjikan penurunan berat badan yang cepat dan banyak orang sukses mendapatkan berat badan ideal berkat diet yang tren ini.

Namun, mana sebetulnya yang lebih baik dan efektif, diet rendah karbohidrat atau rendah lemak?

Pertama-tama, penurunan berat badan sangat ditentukan oleh defisit kalori. Defisit kalori bisa dicapai baik dengan pola makan rendah karbohidrat maupun rendah lemak.

Hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah mencatat semua kalori masuk dan keluar. Kamu juga tidak perlu memangkas kelompok makanan tertentu dari pola makan harian.

Jadi, baik pola makan rendah karbohidrat maupun rendah lemak, keduanya bisa membantu menurunkan berat badan.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Stanford University School of Medicine di California, mengikuti pola diet manapun dari keduanya akan memberikan hasil yang sama.

Baca juga: Diet Rendah Lemak, Kunci Awal Hajar Kolesterol

Para peneliti meneliti 600 orang dewasa dengan berat badan berlebih dan meminta mereka menjalani salah satu dari pola makan rendah karbohidrat atau rendah lemak dengan pengawasan.

Setelah satu tahun, penelitian tersebut menemukan bahwa orang-orang yang menjalani dua pola makan tersebut mampu menurunkan berat badan dengan jumlah yang hampir sama.

Cara terbaik menurunkan berat badan

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
October 28, 2019 at 01:00PM
https://ift.tt/2pkQCO3

Diet Rendah Lemak dan Rendah Karbohidrat, Mana Lebih Efektif? - Kompas.com - KOMPAS.com
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diet Rendah Lemak dan Rendah Karbohidrat, Mana Lebih Efektif? - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.