Search

Peringatan Hari Stroke Dunia - Mancode Indonesia

oleh: fachrul Life Style Monday, 28 October 2019 19:00 p.m.

Hari Stroke Dunia diperingati setiap tanggal 29 Oktober yang digagas oleh World Stroke Organization (WSO). Tujuan diperingati hari tersebut adalah untuk mengingatkan masyarakat akan bahayanya penyakit stroke sehingga lebih perduli pada kesehatan agar dapat terhindar dari stroke.

Menurut WHO, penyakit stroke adalah gejala-gejala defisit fungsi saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak, bukan oleh sebab lainnya. Gangguan fungsi saraf pada stroke diakibatkan oleh gangguan peredaran darah otak non traumatik.

Usia tua lebih mudah pula terkena stroke dibanding usia muda. Laki-laki lebih mudah terkena stroke dibanding perempuan. Ras kulit berwarna lebih mudah terkena stroke dibanding ras kulit putih. Seseorang dengan riwayat keluarga stroke memiliki risiko yang lebih besar pula untuk terkena stroke. Berbagai faktor risiko stroke tersebut adalah faktor risiko yang tidak dapat diubah.

Stroke disebabkan oleh akumulasi faktor risiko stroke. Faktor risiko stroke ada yang tidak dapat diubah dan ada yang dapat diubah. Faktor risiko stroke yang tidak dapat diubah adalah usia, jenis kelamin, ras, riwayat keluarga dan riwayat stroke sebelumnya.

Faktor risiko stroke ada pula yang dapat diubah. Faktor risiko stroke yang utama adalah hipertensi. Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa 60-70 persen pasien stroke menderita hipertensi pada saat masuk RS. Masalah yang umum dijumpai adalah ketidaktahuan dan ketidakpedulian sebagian besar anggota masyarakat tentang hipertensi.

Hipertensi akan membunuh penderita secara diam-diam dan perlahan, hampir tanpa gejala. Ketika disadari, komplikasi hipertensi sudah sedemikian parahnya (misalnya: penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal).

Faktor risiko stroke lain yang dapat diubah adalah diabetes, kadar kolesterol darah yang tinggi, kegemukan, merokok, gangguan tidur, dan kekentalan darah yang berlebih. Sama dengan hipertensi, maka seringkali faktor risiko stroke tersebut diabaikan dan kurang terkelola dengan baik.

Stroke merupakan penyebab disabilitas nomor satu dan penyebab kematian nomor dua di dunia setelah penyakit jantung baik di negara maju maupun negara berkembang.

Duta kampanye World Stroke Campaign di antaranya pemain Cricket asal India Sunil Gavaskar, mantan Miss Egypt Dalia El Behery dan pengendara sepeda Alberto Contador.

Baca Juga: Tokimonsta, DJ Cantik yang Sembuh dari Penyakit Mematikan

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
October 28, 2019 at 07:00PM
https://ift.tt/2MScklE

Peringatan Hari Stroke Dunia - Mancode Indonesia
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peringatan Hari Stroke Dunia - Mancode Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.