Search

Wajib Tahu, Manfaat Luar Biasa Kurma Bagi Kesehatan - Nusadaily

banner 468x60

NUSADAILY.COMJAKARTA – Selama bulan puasa, kurma menjadi camilan paling populer. Sejak berbuka hingga waktu imsak, kurma menjadi sajian di meja makan dan ruang keluarga.

Siapa yang tidak tahu kurma? Camilan yang sangat populer selama bulan puasa ini. Menjadi teman setia sejak datang Maghrib hingga datang waktu imsak, waktu untuk berhenti makan dan minum di malam hari, sekaligus menandai waktu memulai berpuasa.

Bahkan saat berbuka puasa, dianjurkan berbuka dengan sepotong kurma sebelum mengkonsumsi makanan dan minuman lainnya. Tradisi ini terjadi di semua warga muslim di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Untuk itu, selain memiliki rasa yang manis dan teksturnya yang lembut, buah kurma juga memiliki segudang manfaat bagi manusia. Kurma memiliki kandungan mineral, gizi, dan vitamin, yang baik bagi tubuh. Buah kurma juga memiliki kandungan air, energy, protein, karbohidrat, serat, dan gula. Mineral yang terdapat dalam buah kurma yaitu kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan seng. Vitamin yang terdapat pada buah kurma juga banyak, yaitu vitamin A, B1, B6, B12, C, E, dan K.

Manfaat buah kurma, sudah teruji sejak zaman dahulu yaitu sejak zaman para Nabi. Ketika zaman modern, manfaat kurma masih teruji dengan baik, bahkan para peneliti mengatakan bahwa buah kurma memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Nah, buat kamu yang suka mengkonsumsi kurma, kira-kira sudah tau belum manfaat kurma bagi kesehatan tubuh manusia? Kalau belum tau, Yuk! kita simak manfaat kurma berikut ini:

• Sumber Energi Yang Baik Bagi Tubuh

Kalian tahu tidak, mengapa Nabi menyuruh kita untuk mengawali buka puasa dengan kurma? Yak, inilah salah satu jawabannya! Setelah seharian kita berpuasa, pasti banyak energi dan tenaga yang hilang sehingga membuat tubuh kita lemas.

Kurma yang kita konsumsi akan mengembalikan sumber energi yang hilang, setelah seharian berpuasa. Selain sebagai sumber tenaga, kurma juga dapat menangkal rasa lelah yang ada di dalam tubuh kita.

• Menyehatkan Organ Pencernaan

Kurma dapat menyehatkan organ pencernaan manusia. Kurma memiliki serat yang tidak kalah dengan buah-buah pada umumnya. Dengan mengkonsumsi kurma, organ pencernaan kita akan menjadi sehat dan terhindar dari kanker usus.

• Mencegah Rematik

Rematik memang sangat mengkhawatirkan bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, untuk menghindari penyakit rematik, lebih baik mengkonsumsi kurma secara rutin.

• Sebagai Anti-Oksidan

Kurma memiliki kandungan yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga sangat dipercaya sebagai antioksidan yang baik.

• Menyehatkan Jantung

Buah kurma dapat membuat kinerja jantung menjadi lebih baik dan lebih optimal, sehingga jantung pun akan bekerja dengan baik.

• Mencegah Stroke

Stroke adalah penyakit yang sangat menakutkan, maka mulai sekarang rutinlah
mengkonsumsi buah kurma, agar terhindar dari penyakit stroke.

• Mencegah Kanker Abdomen

Penelitian telah membuktikan, bahwa salah satu khasiat kurma adalah mampu menjadi alternatif, untuk mengurangi risiko dan dampak kanker abdomen.

• Mencegah Penyakit Anemia

Sama seperti penyakit stroke dan rematik, penyakit anemia juga dapat terhindar dengan mengkonsumsi kurma dengan rutin.

Nah, itulah beberapa manfaat kurma yang wajib kamu ketahui. Masih banyak manfaat kurma untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah darah menggumpal, makanan terbaik untuk orang yang obesitas, mencegah stress, mencegah insomnia, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, yuk mulai sekarang konsumsi buah kurma secara rutin dan dapatkan segudang manfaat lainnya.(via)

  • Whatsapp

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
April 27, 2020 at 09:11AM
https://ift.tt/2KBheld

Wajib Tahu, Manfaat Luar Biasa Kurma Bagi Kesehatan - Nusadaily
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wajib Tahu, Manfaat Luar Biasa Kurma Bagi Kesehatan - Nusadaily"

Post a Comment

Powered by Blogger.