Search

Tentang Sertifikat Kebal Virus, WHO: Belum Ada Bukti Pasien Sembuh Covid-19 Tak Akan Terinfeksi Lagi - Tribun Manado

TRIBUNMANADO.CO.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan bahwa 'tidak ada bukti' orang yang sembuh dari infeksi virus corona (Covid-19) tidak akan terpapar lagi.

Hal itu disampaikan badan PBB ini guna menanggapi rencana penerbitan "paspor kekebalan (imun)" atau "sertifikat bebas risiko" kepada orang yang telah terinfeksi.

"Malah praktik sebenarnya bisa meningkatkan risiko penyebaran ketika mereka yang telah sembuh mengabaikan nasihat tentang mengambil tindakan pencegahan standar terhadap virus," jelas WHO, seperti dilansir Reuters, Minggu (26/4/2020).

Beberapa negara berencana menerbitkan 'imunitas paspor' atau 'sertifikat bebas risiko' yang akan memungkinkan individu untuk melakukan perjalanan atau untuk kembali bekerja dengan asumsi mereka tidak akan terjangkit Covid-19 kembali.

"Saat ini tidak ada bukti orang yang telah sembuh dari Covid-19 dan memiliki antibodi tidak akan terinfeksi kembali," papar WHO.

Chili mengatakan pekan lalu, akan mulai membagi-bagikan "paspor kesehatan" untuk orang yang dianggap telah pulih dari penyakit ini.

Ilustrasi tenaga medis menangani pasien COVID-19.
Ilustrasi tenaga medis menangani pasien COVID-19. (SCMP/Xinhua)

WHO mengatakan masih terus meninjau bukti antibodi merespon virus, yang muncul pertama kali di Kota Wuhan, China, pada akhir tahun lalu.

Hingga hari ini Minggu (26/4/2020) pukul 10.00 WIB, data Wolrdometers menunjukkan hampir tiga juta orang, atau persisnya mencapai 2.920.877 orang terinfeksi virus corona di dunia.

Dari jumlah itu sebanyak 203.272 orang meninggal dan 836.941 orang sembuh.

Amerika Serikat telah melaporkan lebih dari 52.400 orang meninggal pada Sabtu (25/4/2020) pagi.

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
April 26, 2020 at 01:25PM
https://ift.tt/2KOAmMJ

Tentang Sertifikat Kebal Virus, WHO: Belum Ada Bukti Pasien Sembuh Covid-19 Tak Akan Terinfeksi Lagi - Tribun Manado
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tentang Sertifikat Kebal Virus, WHO: Belum Ada Bukti Pasien Sembuh Covid-19 Tak Akan Terinfeksi Lagi - Tribun Manado"

Post a Comment

Powered by Blogger.