Search

Ini prediksi akhir wabah virus corona di berbagai negara, bagaimana Indonesia? - Kontan

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada 18 April 2929, Singapore University of Technology and Design (SUTD) meluncurkan sebuah laman yang berisikan prediksi berdasarkan data dari perkembangan selanjutnya hingga waktu berakhirnya pandemi virus corona di berbagai negara.

Pembaruan selalu dilakukan pada laman tersebut dengan dinamika dari pandemi virus corona yang masih terus terjadi. Melansir penelitian oleh SUTD tersebut, disebutkan bahwa evolusi dari Covid-19 bersifat sangat random. Seperti pandemi lainnya, virus corona baru ini memiliki pola siklus kehidupan dari wabah menuju fase akselerasi, titik belok, fase deakselerasi, dan titik henti atau akhir.

Siklus hidup tersebut adalah hasil dari perilau adaptif dan perlawanan dari agen termasuk individu, pemerintah, serta pembatasan alami dari ekosistem. Meski demikian, siklus hidup dari virus dapat bervariasi pada negara yang berbeda.

Baca Juga: Update Corona di Eropa: Angka kematian di Italia, Prancis dan Spanyol terus menurun

Metode penentuan prediksi Pola siklus kehidupan pandemi diperkirakan muncul sebagai kurva berbentuk S. Adapun pola ini beserta dinamika yang mendasari kondisi pandemi di berbagai wilayah seperti pertumbuhan penduduk, difusi teknologi baru, dan penyakit menular, juga telah ditetapkan secara teoritis dalam model matematika yang digunakan.

Pemodelan matematika tersebut termasuk model logistik yang menggambarkan fenomena siklus hidup umum (seperti pertumbuhan penduduk) dan model SIR (susceptible-infected-recovered) yang menggambarkan penyebaran penyakit menular. Pada penelitian oleh SUTD, kedua model menggabungkan dua parameter yang nilainya menentukan bentuk kurva siklus hidup tertentu.

Baca Juga: Setelah pulih dari corona, Boris Johnson akan kembali bekerja penuh pada hari Senin

Parameter model untuk suatu negara dapat diregresikan berdasarkan data aktual dari negara tersebut. Model regresi digunakan untuk memperkirakan siklus hidup penuh dari pandemi dan plot kurva siklus hidup tersebut.



Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
April 27, 2020 at 10:10AM
https://ift.tt/2SbjEeg

Ini prediksi akhir wabah virus corona di berbagai negara, bagaimana Indonesia? - Kontan
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini prediksi akhir wabah virus corona di berbagai negara, bagaimana Indonesia? - Kontan"

Post a Comment

Powered by Blogger.