Search

Vaksin untuk Covid-19 Siap Digunakan, Ahli: Corona Bukan Wabah Musiman - Harapan Rakyat

Vaksin untuk Covid-19
Ilustrasi Vaksin untuk Covid-19. Foto: Istimewa

Usaha mencari dan menemukan vaksin untuk Covid-19 terus dilakukan banyak negara. China memberikan kabar baik, vaksin Covid-19 akan bisa digunakan mulai September mendatang, meski terbatas untuk petugas medis.

Perkiraan waktu tentang penggunaan obat virus Corona ini terbilang yang pertama dinyatakan secara resmi oleh otoritas kesehatan China. Badan kesehatan dunia WHO sendiri memperkirakan 18 bulan untuk mendapatkan penangkal virus Corona tersebut.

Vaksin untuk Covid-19 Masih Terbatas

Kepala Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) China, Dr Gao Fu mengumumkan penggunaan vaksin untuk covid-19 sebagai langkah darurat yang akan diterapkan paling cepat pada bulan September mendatang.

Namun dia mengingatkan bahwa target September merupakan langkah darurat untuk menghadapi pandemi Covid-19. Itupun penggunaan vaksin Corona ini masih terbatas, hanya untuk kalangan medis.

“Kami berada di garis depan dalam pengembangan vaksin untuk covid-19, dan kami mungkin mempunyai vaksin yang siap untuk penggunaan dalam kondisi darurat pada bulan September,” ucap Gao dalam pernyataannya yang dirilis South China Morning Post.

Baca juga: Turki Klaim Temukan Vaksin Covid-19, Diumumkan 23 April

Sedangkan untuk masyarakat umum, Gao Fu memperkirakan waktunya hingga awal tahun depan. “Vaksin baru ini masih dalam tahap uji klinis fase dua atau fase tiga yang bisa digunakan khususnya untuk petugas kesehatan,” katanya.

Seperti dilansir dari laman South China Morning Post, Sabtu (25/4/2020), kabar baik ini sangat penting karena vaksin dinilai sebagai alternatif terbaik jangka panjang dalam menghentikan wabah pandemi Corona yang sangat menular.

Wabah Pandemi Covid-19 Gelombang Kedua

Dalam sebuah wawancara yang disiarkan China Global Television Network (CGTN), Gao Fu menyatakan bahwa saat ini pemerintah China telah memiliki 3 vaksin untuk Covid-19.

Kesiapan vaksin baru ini akan melengkapi vaksin lainnya yang juga tengah dalam uji klinis. Sehingga hingga saat ini China telah memiliki 3 vaksin yang telah merampungkan fase uji coba pertama.

Gao Fu yang dikenal sebagai ahli virologi juga menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan bersama tim peneliti berkejaran dengan waktu. Khususnya dalam menghadapi kemungkinan datangnya wabah pandemi Covid-19 gelombang kedua.

Untuk menghadapi sekaligus mengejar waktu, Gao Fu menargetkan pada awal tahun depan vaksin untuk Covid-19 ini akan sudah bisa digunakan pada masyarakat umum yang sehat dalam melindungi diri dari ganasnya virus Corona.

Sementara itu peneliti lain, yaitu Shi Yi menyatakan bahwa virus Corona berbeda dengan virus influenza. Jika virus influenza sering bermutasi dan menyebabkan wabah musiman, namun tidak demikian dengan Codid-19.

Covid-19 Bukan Wabah Musiman

Menurut ahli virus dari Institute of Microbiology, Chinese Academy of Sciences ini, virus Covid-19 tidak bermutasi. Karena itu Corona tidak akan menimbulkan wabah musiman yang akan muncul lagi di waktu mendatang.

Shi Yi bahkan menolak anggapan sejumlah ahli yang menyatakan bahwa virus Covid-19 juga akan bermutasi dan menimbulkan wabah musiman seperti halnya virus influenza.

“Virus Sars-Cov-2 yang menyebabkan Covid-19 tidak mungkin menjadi ‘norma baru’ seperti flu musiman. Kemungkinan seperti itu akan relatif rendah,” kata pakar virus sebelum pengumuman hasil vaksin untuk covid-19 ini.

Baca juga: Inggris dan Jerman Uji Coba Vaksin Corona Virus ke Manusia

Dari hasil penelitian yang dilakukannya, Shi menilai bahwa sifat virus Sars-Cov-2 juga tak berbeda dengan virus sejenis yang menyebabkan sindrom pernapasan akut (SARS) maupun sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS).

Karena itu Shi menolak anggapan tentang kemungkinan Covid-19 akan berkembang menjadi penyakit kronis. Hal ini karena virus Covid-19 hanya berkembang biak terutama di saluran pernapasan saja.

Temuan peneliti China ini akan melengkapi beberapa vaksin untuk Covid-19 yang tengah dalam tahap uji klinis di Inggris, Jerman, dan Amerika Serikat. Sedangkan 77 vaksin lainnya masih dalam tahap uji praklinis di WHO. (R9/HR-Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
April 28, 2020 at 04:38AM
https://ift.tt/3d4DUGL

Vaksin untuk Covid-19 Siap Digunakan, Ahli: Corona Bukan Wabah Musiman - Harapan Rakyat
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Vaksin untuk Covid-19 Siap Digunakan, Ahli: Corona Bukan Wabah Musiman - Harapan Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.