Search

Bermain Sepeda Terlalu Lama Bisa Picu Tingginya Kadar PSA - Sosok Akurat

AKURAT.CO Tes Prostat Specific Antigen (PSA) merupakan pengambilan darah untuk skrining kanker prostat, tes ini dilakukan untuk mengecek jumlah PSA di dalam darah.

Normalnya PSA seseorang tergantung usia, di mana pada usia 40-49 tahun kadar PSA normal 2,9 ng/mL (nanogram per milimeter), 50-59 tahun kadar normal 4,5 ng/mL, 60-69 tahun kadar normal 5,0 ng/mL, dan 71-75 tahun kadar normal 7,2 ng/mL.

Ketika kadar PSA melebihi batas normal, seseorang dikaitkan risiko kanker prostat. Dalam hal ini ternyata banyak pemicu tingginya kadar PSA.

baca juga:

"Main sepeda dengan waktu yang lama juga bisa menyebabkan PSA naik, untuk itu tidak disarankan untuk memeriksa kadar PSA setelah melakukan aktivitas tersebut," kata Prof. Dr. dr. Aru Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP, selaku ketua umum Yayasan Kanker Indonesia, kepada AkuratHealth di kawasan, Jakarta Pusat, Selasa, (24/9).

Aktifitas lain seperti main bola yang menyebabkan alat kelamin mengalami masalah akibat benturan. Ini juga membuat kadar PSA akan terpengaruh.

Namun, perlu kamu ketahui ketika PSA tinggi juga belum berarti mengalami masalah kanker prostat. Perlu ada pemeriksaan lain untuk membenarkan terjadi masalah kanker yang kerap terjadi pada usia lanjut ini.

"Tidak semua, karena seperti main bola itu kadar PSA keluar dan menyebabkan tinggi itu hanya sebentar, nantinya akan pulih kembali," lanjutnya.

Oleh sebab itu bukan berati kamu melupakan dan tidak menjaga kadar PSA, diperlukan perhatian agar tidak mengalami yang namanya kanker prostat.

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
September 25, 2019 at 09:24AM
https://ift.tt/2nyFGew

Bermain Sepeda Terlalu Lama Bisa Picu Tingginya Kadar PSA - Sosok Akurat
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bermain Sepeda Terlalu Lama Bisa Picu Tingginya Kadar PSA - Sosok Akurat"

Post a Comment

Powered by Blogger.