Search

443 Orang Terjangkit HIV/AIDS di Cimahi - ayobandung.com

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Kota Cimahi mencatat sejak Kota Cimahi berdiri terdata 443 orang warga Kota Cimahi positif mengidap Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome atau disebut HIV/AIDS.

Data itu dihimpun tahun 2005 hingga Juni 2019, 40 diantaranya meninggal dunia akibat penyakit yang menyerang sel darah putih itu. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

AYO BACA : Masyarakat Didorong Berani Lakukan Tes HIV

"Dari Cimahi ini dari 433 kasus, 40 orang meninggal dunia," kata Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana usai membuka Rapat Koordinasi Komisi Penanggungulangan Aids (KPAD) Kota Cimahi di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Senin (30/9/2019).

HIV merupakan virus penyebab AIDS. Sedangkan AIDS merupakan kumpulan beberapa gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV. Dampak paling fatal dari penyakit tersebut adalah menyebabkan kematian.

AYO BACA : Berbagai Risiko Gonta-ganti Pasangan Intim

Penyakit tersebut bisa muncul dari perilaku berhubungan seks berganti-ganti pasangan tanpa menggunakan kondom, penggunaan jarum suntik narkoba dan ada juga dari faktor keturunan dari orang tua yang sebelumnya sudah terjangkit HIV/AIDS.

"Jadi dari jarum suntik, pelaku hubungan seksual yang tidak aman dan berganti pasangan," ujar Ngatiyana.

Ngatiyana melanjutkan, pencegahan dan pemberantasan HIV/AIDS bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi merupakan tugas bersama seluruh komponen masyarakat. Tugas bersamanya adalah bagaimana menyosialisasikan kepada masyarakat seputar HIV/AIDS.

Cara yang bisa dilakukan secara teratur untuk mengendalikan HIV/AIDS adalah dengan meminum Anti Retro Viral (ARV). Jenis obat tersebut bisa untuk memperlambat perkembangan virus HIV.

"Minimal kita pencegahan jangan sampai ada yang terkena lagi. Kita sosialisasikan bahayanya penyakit HIV/AIDS," imbuhnya.

AYO BACA : HIV di Jabar Capai 37.485 Kasus

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
September 30, 2019 at 07:11PM
https://ift.tt/2mgD1G3

443 Orang Terjangkit HIV/AIDS di Cimahi - ayobandung.com
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "443 Orang Terjangkit HIV/AIDS di Cimahi - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.