Search

Peneliti IPB: Jus Jeruk Beserta Kulitnya Bikin Kebal Corona - Nusantaratv.com

Jakarta, Nusantaratv.com - Hasil penelitian Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Universitas Indonesia (UI) menunjukkan, mengkonsumsi jus jeruk serta kulitnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari virus corona.

Baca juga: Pemkot Depok: Sudah Seharusnya Jabodetabek Di-lockdown 

Tim peneliti IPB menjelaskan, penelitian ini awalnya dilakukan untuk menemukan kandidat senyawa potensial antivirus corona dari bahan alam Indonesia. Penelitian berdasarkan penelitian bioinformatika.

"Bioinformatika adalah penerapan teknik komputasional untuk menganalisis informasi biologis, khususnya yang terkait dengan biologi molekuler, antara lain sekuens DNA, sekuens RNA, dan asam amino," tulis Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC) IPB, Sabtu (28/3/2020).

Hasil penelitian menemukan adanya potensi golongan senyawa flavonoid. Senyawa itu diyakini mampu menghambat replikasi atau pertambahan jumlah virus serta menghambat ikatan protein virus ke reseptor pada sel tubuh manusia.

Salah satu jenis senyawa flavonoid yang ditemukan paling potensial adalah hesperidin, yang paling banyak ditemukan di kulit buah jeruk.

"Hesperidin paling banyak ditemukan di kulit jeruk, namun ia juga dapat ditemukan di bagian daging buah jeruk walau dalam jumlah lebih sedikit," kata tim riset IPB.

Meski begitu, jika ingin mengkonsumsi jus jeruk beserta kulitnya, pastikan bagian kulit dibersihkan terlebih dahulu dengan mencucinya. Hal ini dilakukan guna menghindari bahaya pestisida yang terdapat pada kulit jeruk

Meski begitu, para peneliti menyatakan mengkonsumsi jus buah jeruk tanpa kulitnya pun cukup untuk membantu mendapatkan hesperidin.

"Untuk menghindari terkonsumsinya pestisida yang mungkin terdapat pada kulit jeruk, disarankan mengkonsumsi jus buah jeruk tanpa kulitnya, karena cara ini pun sudah dapat membantu Anda untuk mendapatkan hesperidin," jelas tim riset IPB.

"Namun, jika Anda yakin kulit jeruk Anda bebas pestisida atau bahan berbahaya lainnya, kulit jeruk tersebut dapat disertakan dalam pembuatan jus maupun infused water," imbuh mereka.

Tim peneliti juga menemukan senyawa flavonoid dalam jambu biji serta daun kelor.

"Senyawa flavonoid lainnya seperti myricetin, quercetin, luteolin, kaempferol, dan isorhamnetin yang memiliki manfaat yang sama dengan hesperidin juga banyak terdapat beberapa jenis buah dan sayur lokal lainnya, seperti jambu biji dan daun kelor," papar tim.

Mengenai jus kulit jeruk, tim riset IPB mengaku masih membutuhkan kajian lebih lanjut, seperti uji laboratorium, uji toksisitas, uji efikasi dosis, dan uji klinis, guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
March 28, 2020 at 10:04PM
https://ift.tt/2wJuJMb

Peneliti IPB: Jus Jeruk Beserta Kulitnya Bikin Kebal Corona - Nusantaratv.com
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peneliti IPB: Jus Jeruk Beserta Kulitnya Bikin Kebal Corona - Nusantaratv.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.