Search

Johnson & Johnson Akan Produksi 1 Miliar Vaksin Virus Corona - Timlo Net

Timlo.net–Perusahaan multinasional terkemuka Johnson & Johnson (J& J) akan memproduksi 1 miliar vaksin virus corona pada awal 2021. Perusahaan itu akan memperoleh suntikan dana yang besar dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

Pada Senin (30/3), J&J mengungkap jika pemerintah AS akan berinvestasi $1 miliar untuk menambah kapasitas produksi perusahaan itu AS. Perusahaan farmasi raksasa itu akan mulai uji coba pada manusia pada September 2020.

Proses ini lebih cepat 18 bulan dari durasi waktu yang dibutuhkan untuk vaksin diuji coba, diterima dan diproduksi. Sejauh ini, pandemi virus corona telah membunuh lebih dari 35.000 orang di seluruh dunia. Beberapa perusahaan farmasi berlomba untuk mengembangkan tes massal dan vaksin atau obat untuk virus itu.

Kepala petugas ilmiah J& J Dr. Paul Stoffels berkata jika perusahaan itu akan mulai menambah kapasitas produksi mereka sekaran bahkan sebelum vaksin yang dikembangkan perusahaan itu diterima oleh badan kesehatan.

Perusahaan itu akan mulai memproduksi vaksin dengan risiko tanpa mengetahui apakah vaksin itu bekerja. “Ini adalah satu-satunya pilihan untuk kita supaya bisa mengejar waktu,” kata Dr. Paul dilansir dari Daily Star, Senin (30/3).

J& J memiliki pabrik di Belanda yang bisa memproduksi 300 juta vaksin. Tapi jumlah itu tidaklah cukup untuk dunia. Paul berkata perusahaannya mulai membangun pabrik di AS sehingga bisa memproduksi vaksin pada akhir tahun. Saat itu data dari uji coba klinis akan menunjukkan apakah vaksin itu manjur atau tidak.

Mereka juga akan mencari pabrik lain di Eropa dan Asia yang mampu membuat jenis vaksin yang dikerjakan perusahaan itu. Sejauh ini, J& J belum menguji vaksin itu pada manusia.

Paul mengungkap jika vaksin virus corona itu akan dikembangkan dengan teknologi yang sama yang digunakan untuk membuat vaksin Ebola, yang sudah digunakan secara luas. Perusahaan itu yakin jika cara ini aman.

Pengujian keamanan vaksin itu bahkan lebih penting dibandingkan pemberian vaksin pada manusia. Hal ini karena vaksin diberikan pada orang-orang yang sehat untuk mencegah infeksi.

Jadi jumlah orang yang akan menerima vaksin ini lebih dari 1 miliar orang di dunia. Dalam uji coba di laboratorium (lab), vaksin ini menghasilkan antibodi yang kuat untuk menetralkan virus corona. Efek seperti inilah yang diperlukan untuk membuat vaksin yang sukses.

J & J akan terus menguji coba vaksin itu pada binatang hingga musim panas tahun ini dan mulai uji coba manusia pada September 2020. Perusahaan farmasi lainnya, Moderna Inc berkata jika mereka sudah memulai uji coba awal vaksin virus corona pada relawan manusia yang sehat. Mereka menjadi perintis dalam perlombaan mengembangkan vaksin itu.

Editor : Ranu Ario

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
March 31, 2020 at 03:44PM
https://ift.tt/3bFJRco

Johnson & Johnson Akan Produksi 1 Miliar Vaksin Virus Corona - Timlo Net
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Johnson & Johnson Akan Produksi 1 Miliar Vaksin Virus Corona - Timlo Net"

Post a Comment

Powered by Blogger.