Search

Aplikasi Lacak COVID-19 PeduliLindungi Bisa Diunduh Melalui Play Store - Majalah Ayah

Majalahayah.com, Jakarta – Aplikasi pelacak sebaran virus corona (COVID-19) buatan Indonesia, PeduliLindungi sudah bisa diunduh melalui Play Store. Dalam keterangannya aplikasi masih dalam tahap pengembangan, meskipun demikian pengguna bisa mengunduh dan mencoba.

Dikutip dari situs resmi PeduliLindungi, aplikasi ini dikembangkan untuk menghentikan penyebaran virus corona di Indonesia. Seperti diketahui, angka penyebaran virus corona semakin luas setiap harinya. Berdasarkan data per 29 Maret 2020, angka kasus virus corona di Indonesia mencapai 1285 positif, 114 meninggal dunia, dan 64 dinyatakan sembuh.

PeduliLindungi mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan. Meskipun demikian, PeduliLindungi menjamin privasi data penggunanya. Data pengguna akan dienkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

PeduliLindungi mengklaim data tersebut hanya akan diakses bila pengguna berada dalam risiko terinfeksi COVID-19 dan harus dihubungi petugas kesehatan.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengungkapkan bahwa aplikasi ini bukan hanya untuk melindungi pasien positif COVID-19 saja.

“Aplikasi ini dimaksudkan untuk melindungi baik pasien positif, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), suspect, dan masyarakat luas. Oleh karena itu aplikasi saat ini terus didevelop agar bisa diinstall oleh tidak hanya pasien positif, ODP, PDP dan Suspect tapi oleh seluruh masyarakat melalui smartphone,” jelas Johnny

Melalui akun Instagram resmi Kominfo, terungkap fakta-fakta mengenai aplikasi cegah penyebaran COVID-19 tersebut.

1. Aplikasi PeduliLindungi digunakan pada gawai pasien positif COVID-19

2. Aplikasi mampu melacak interaksi pasien 14 hari ke belakang

3. Aplikasi terhubung dengan operator seluler untuk penyeragaman tampilan

4. Aplikasi mampu mendeteksi nomor di sekitar pasien yang akan diberikan warning untuk menjalankan protokol orang dalam pemantauan (ODP)

5. Aplikasi memperingatkan pasien jika melewati lokasi isolasi

6. Kementerian kesehatan bisa berkomunikasi dengan pasien yang membutuhkan penanganan darurat

7. Sistem melindungi privasi pengguna

8. Aplikasi akan dihentikan jika pandemi COVID-19 sudah reda

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
March 31, 2020 at 11:59AM
https://ift.tt/2WV295b

Aplikasi Lacak COVID-19 PeduliLindungi Bisa Diunduh Melalui Play Store - Majalah Ayah
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aplikasi Lacak COVID-19 PeduliLindungi Bisa Diunduh Melalui Play Store - Majalah Ayah"

Post a Comment

Powered by Blogger.