Search

Riset: Minum Jus Jeruk dengan Kulitnya Bisa Tangkal Corona - covesia

Covesia.com - Kabar gembira datang dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia. Lewat riset yang mereka lakukan, menangkal virus Corona Covid-19 kini bisa dilakukan dengan minum jus jeruk.

Bukan sembarang jus jeruk, agar bisa menangkal virus Corona Covid-19, jus jeruk harus diminum bersama dengan kulitnya!

Dilansir dari laman resmi IPB, ilmuwan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB, melakukan penelitian bioinformatikan untuk menemukan senyawa yang berpotensi ampuh melawan virus Corona Covid-19.

"Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus," ujar Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara.

Lalu, dari mana kita bisa mendapatkan senyawa ini? Menurut Prof Irmanida, senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk.

"Jadi selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih. Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya," tambah Prof Irmanida lagi.

Bagaimana dengan orang yang tidak kuat mengonsumsi makanan atau minuman pahit?

Prof Irmanida punya solusinya. Tak usah dibuat jus, manfaat yang sama bisa didapat dengan membuat infused water, namun harus tetap dengan kulit jerukknya.

Ia mengungkap beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga juga terkonsumsi oleh kita. Jangan lupa jeruknya dicuci bersih terlebih dahulu.

"Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya," tutupnya.

(suaracom)  

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
March 28, 2020 at 11:27AM
https://ift.tt/2WQ1rGg

Riset: Minum Jus Jeruk dengan Kulitnya Bisa Tangkal Corona - covesia
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Riset: Minum Jus Jeruk dengan Kulitnya Bisa Tangkal Corona - covesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.