Search

Aplikasi Peduli Lindungi untuk Deteksi Sebaran Covid-19 - Lampost

Aplikasi Peduli Lindungi untuk Deteksi Sebaran Covid-19
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Bandar Lampung (Lampost.co) --  Pemerintah akhirnya menyediakan aplikasi Peduli Lindungi yang memungkinkan seseorang mendeteksi sebaran covid-19. Aplikasi sudah tersedia untuk pengguna android, Selasa, 31 Maret 2020.

Berdasarkan penelusuran Lampost.co di akun resmi Instagram @kemenkominfo, dijelaskan aplikasi tersebut mampu melakukan penelusuran (tracking), pelacakan (tracking) dan pembatasan ruang gerak (fencing) untuk memutus jalur sebaran covid-19.

Aplikasi ini digunakan pada gawai pasien positif covid-19, mampu melacak interaksi pasien selama 14 hari ke belakang, terhubung dengan operator seluler untuk penyeragaman tampilan, serta dijamin kerahasiaan data penggunanya.

Aplikasi ini selanjutnya mendeteksi nomor di sekitar pasien yang akan diberikan warning untuk menjalankan protokol orang dalam pemantauan (ODP). Kementrian kesehatan juga bisa berkomunikasi dengan pasien yang membutuhkan penanganan darurat.

Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di aplikasi tersebut maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Lalu sistem aplikasi mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif covid-19 atau pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

Aplikasi ini lahir dari kerjasama antara Kominfo, PT. Telekomunikasi Indonesia, Kementrian Kesehatan RI, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Abdul Gafur

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
March 31, 2020 at 11:42AM
https://ift.tt/2Uw3MVt

Aplikasi Peduli Lindungi untuk Deteksi Sebaran Covid-19 - Lampost
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aplikasi Peduli Lindungi untuk Deteksi Sebaran Covid-19 - Lampost"

Post a Comment

Powered by Blogger.