Search

Bagaimana Cara Jokowi Pakai Ponsel Kamu Buat Lacak Corona? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya menggunakan data ponsel masyarakat di Indonesia untuk melacak penyebaran dan pasien positif virus corona COVID-19 di Indonesia. Caranya lewat aplikasi PeduliLindungi.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan aplikasi PeduliLindungi ini memiliki kemampuan layaknya aplikasi pelacakan serupa milik Singapura yakni tracetogether. Namun dikembangkan murni oleh anak bangsa.


"Meskipun ada kesamaan fungsi tapi aplikasi yang dikembangkan oleh Kemenkominfo dan KemenBUMN ini memiliki konfigurasi yang berbeda. Mengingat infrastruktur dan ekosistem telekomunikasi kita yang berbeda dengan subscriber hampir 300 jutaan MSISDN," ungka Johnny.

 Menurut penjelasan yang tercantum di aplikasi, PeduliLundungi bekerja dengan menggunakan data yang diproduksi oleh gadget dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan.

"Jika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing," ujar aplikasi PeduliLindungi, seperti dilansir Senin (30/3/2020).

Selanjutnya PeduliLindungi akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada adalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif corona atau orang dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP).

"Anda akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika Anda pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP. Ini akan membantu petugas kesehatan melakukan tindakan preventif terhadap orang yang berad di temnpat dan waktu yang sama dengan penderita," ujarnya.

Aplikasi ini tidak merekam geolokasi pengguna, hanya mengumpulkan identitas gadget dan waktu saat berada dekat dengan gadget lain yang terinstall aplikasi PeduliLindungi.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
March 30, 2020 at 11:24AM
https://ift.tt/2wEEWts

Bagaimana Cara Jokowi Pakai Ponsel Kamu Buat Lacak Corona? - CNBC Indonesia
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bagaimana Cara Jokowi Pakai Ponsel Kamu Buat Lacak Corona? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.