Search

Obat HIV Anak Langka, Kemenkes Bakal Produksi Sendiri - RacoonBuzz Media

Jakarta, CNN Indonesia — Obat HIV langka khususnya obat HIV/AIDS untuk anak. Ketua Panel Ahli (Panli) HIV-AIDS PIMS (Patient Information Management System), Sjamsurizal menuturkan Indonesia sulit mendatangkan obat dari luar negeri karena angka kebutuhan obat terlalu kecil.

“[Anak dengan HIV/AIDS atau ADHA] jumlahnya sedikit. Jadi kalau beli obat hanya untuk 200 anak misalnya, itu enggak ada yang bisa impor karena untuk mengimpor jumlahnya harus ribuan,” kata dia melansir dari Antara (27/11).

Pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dilaporkan sedang berupaya agar obat HIV anak bisa diproduksi di Indonesia.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono berkata jika obat bisa diproduksi di Indonesia maka obat jadi lebih mudah didapat dan harganya lebih murah.

“Sesungguhnya ini adalah sebuah langkah yang sedang diupayakan Bapak Menteri Kesehatan dan Kementerian Kesehatan melalui berbagai kemudahan-kemudahan investasi dan regulasi yang ada,” katanya.

Anung menambahkan saat produksi obat bisa dijalankan di Indonesia maka nantinya Badan Usaha Milik Negara bagian farmasi yang akan menangani. Namun tidak menutup kemungkinan produksi bisa dijalankan oleh perusahaan swasta jika memang ada yang berminat dan menyanggupi. Dalam hal ini, pemerintah ingin terus mengupayakan meski jumlah penderitanya kecil.

Menghimpun informasi dari berbagai sumber, anak pun bisa terinfeksi HIV. Seperti orang dewasa, penularan bisa terjadi lewat transfusi darah atau kekerasan seksual dari orang dewasa yang terinfeksi.

Anak yang terinfeksi HIV belum tentu mengidap AIDS. Namun ini harus ditangani tepat dan sedini mungkin. Tanpa penanganan tepat termasuk obat, infeksi bisa mengancam nyawa anak.

Obat HIV anak kini langka, sehingga peran pemerintah benar-benar diperlukan.

[Gambas:Video CNN] (els/ayk)

Sumber Asli: https://ift.tt/2ORDzfV

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
November 28, 2019 at 06:22PM
https://ift.tt/2L1CIIe

Obat HIV Anak Langka, Kemenkes Bakal Produksi Sendiri - RacoonBuzz Media
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Obat HIV Anak Langka, Kemenkes Bakal Produksi Sendiri - RacoonBuzz Media"

Post a Comment

Powered by Blogger.