Search

Hati-hati, Kopi Memperparah Kram Perut saat Haid - ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kram perut saat haid kadang tidak tertahankan. Sebagian orang memanfaatkan obat pereda nyeri atau kantung air panas untuk meredamnya. Rasa sakit kepala yang kerap muncul pun tak jarang mendorong orang yang tengah haid untuk meminum kopi untuk meredakan rasa tersebut.

Namun, para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk menghindari mengonsumsi kopi saat haid. Sebagaimana dilansir dari Boldsky, Jumat (29/11/2019), kandungan kafein dalam kopi dapat memperburuk kram perut yang terjadi karena sifat diuretiknya, yakni meningkatkan produksi urin dan kondisi dehidrasi.

AYO BACA : 4 Penyebab Haid Tidak Teratur Setelah Menikah

Kafein yang ada dalam secangkir kopi saat memasuki tubuh Anda akan memblokir neurotransmitter GABA (gamma-aminobutyric acid) yang mengatur tingkat kecemasan dalam diri Anda.

Ketika kondisi kecemasan Anda meningkat karena konsumsi kafein sementara GABA tersumbat, kram akan menjadi lebih buruk. Kecemasan menjadi salah satu penyebab kram otot, dan penelitian menemukan kaitannya dengan konsumsi kopi saat Anda sedang haid.

AYO BACA : 5 Penyebab Haid Lebih dari Seminggu

Sebuah studi menegaskan bahwa meminum kopi selama siklus haid Anda berlangsung dapat merangsang hormon berlebih. Walaupun kopi dapat membantu Anda melawan rasa lelah, namun minuman tersebut dapat mengaktifkan hormon stres Anda sehingga menyebabkan peningkatan kortisol.

Kopi juga berpotensi menekan fungsi tiroid, karena meningkatkan kadar kortisol, yang dapat menyebabkan penurunan regulasi hormon tiroid. Hal ini secara umum dapat memperburuk gejala rasa sakit yang muncul dari siklus haid.

Bila Anda adalah orang yang tidak dapat memulai hari tanpa kafein, maka cobalah beberapa alternatif pengganti kopi di pagi hari seperti segelas air putih di pagi hari, jus apel, atau cemilan sehat untuk meningkatkan energi.

Selain itu, cobalah konsumsi vitamin B dan smoothies yang mampu menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Beberapa hal yang dapat meredakan gejala kram perut saat haid di antaranya adalah meminum banyak air putih, jus hijau, teh jahe, teh bunga chamomile atau daun peppermint.

AYO BACA : 4 Gejala Haid Tak Lancar

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terkini - Google Berita
November 29, 2019 at 10:28AM
https://ift.tt/34zcip2

Hati-hati, Kopi Memperparah Kram Perut saat Haid - ayobandung.com
Kesehatan - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hati-hati, Kopi Memperparah Kram Perut saat Haid - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.