Search

Indonesia Belum Terpapar Virus Corona, karena Faktor Genetik? - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Virus corona atau Covid-19 (Coronavirus disease 2019) yang berasal dari Wuhan, Cina, sudah menyebar ke berbagai daerah dan negara di dunia. Bahkan, Singapura dan Malaysia sebagai negara terdekat juga sudah terjangkit.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada satu kasus yang berhubungan dengan Covid-19 yang menimpa masyarakat di Indonesia. Ramai di media sosial, banyak yang mengatakan ini disebabkan oleh faktor genetik sebab Indonesia memiliki gen Afrika, dan benua tersebut juga belum terpapar Covid-19.

Benarkah demikian? Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (PP IAKMI) yang sekaligus epidemiolog dari Universitas Indonesia, Syahrizal Syarif, belum bisa memastikannya sebab belum ada penelitian dan data yang akurat tentang fenomena ini.

“Sampai sekarang, belum ada yang bisa membuktikan mengapa belum ada kasus Covid-19 di Indonesia. Kalaupun itu genetik karena ada keturunan Afrika, semuanya tetap harus dibuktikan dari penelitian,” katanya.

Syahrizal pun tetap mengimbau masyarakat untuk tidak lengah lantaran faktor gen yang dianggap kuat menjaga tubuh dari Covid-19. Sebaliknya dalam melawan virus corona, ia meminta agar masyarakat senantiasa melakukan gaya hidup sehat.

“Saya tidak bisa bilang itu hoaks. Tapi, yang terpenting kita jangan jadi merasa kuat dan tidak melakukan antisipasi,” ungkapnya.

Adapun, beberapa gaya hidup sehat yang dimaksud Syahrizal termasuk mengonsumsi makanan matang, sehat dan bergizi, istirahat cukup, mengonsumsi vitamin jika diperlukan, mengontrol stres, dan selalu mencuci tangan.

“Entah genetik apapun kalau kita hidup sehat, imunitas tubuh tinggi dan virus bisa diatasi,” tuturnya.

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 15, 2020 at 03:16PM
https://ift.tt/39D1I2G

Indonesia Belum Terpapar Virus Corona, karena Faktor Genetik? - Tempo
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

2 Responses to "Indonesia Belum Terpapar Virus Corona, karena Faktor Genetik? - Tempo"

  1. Haloo kami datang lagi dengan program menarik hanya 20 rb bisa dapatin hadiah jutaan rupiah penasaran
    yuk bergabung dengan kami di DEWALOTTO ya buruan... :)
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete
  2. AjoQQ memiliki tingkat persentase kemenangan yang tinggi
    Tunggu apalagi, gabung dan mainkan sekarang juga !!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.