Search

Beredar Persentase 115 Orang di Jakarta dalam Pemantauan Virus Corona | merdeka.com - merdeka.com

Merdeka.com - Beredar sebuah slide menampilkan PE Virus Corona atau COVID-19. Dalam data itu, menampilkan sejumlah grafik berbentuk persentase wilayah Jakarta. Ada yang bertuliskan pengawasan dan pemantauan.

78 Persen sampel dalam pemantauan. Sedangkan, 32,22 persen dalam pengawasan.

Di sisi lain, slide juga memperlihatkan grafik batang yang menunjukkan data PE Virus Corona atau COVID-19 berdasarkan wilayah. Mulai dari Jakarta Pusat, Utara, Barat, Selatan, Timur dan Luar DKI Jakarta.

Terkait hal ini, Kepala Seksi (Kasie) Wabah dan Survelans Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Octavia mengklarifikasinya.

Dia menerangkan, pada slide tersebut yang dimaksudkan dengan ‘kasus COVID-19’ adalah menunjukkan pasien dengan dugaan awal COVID-19 karena memiliki gejala dan riwayat perjalanan dari negara terjangkit.

Sesuai gambar pie chart, Dwi Octavia mengatakan, terdapat 115 orang dalam pemantauan dan 32 pasien dalam pengawasan berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

"Orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan tersebut berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi (PE), tersebar di lima wilayah kota di DKI Jakarta dan luar DKI Jakarta seperti gambar grafik batang," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (28/2).

1 dari 1 halaman

Dwi Octavia menyatakan, Dinas Kesehatan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan instansi terkait dalam melaksanakan pengawasan dan pemantauan.

Hingga kini, berdasarkan pemeriksaan sampel di Litbangkes Kementerian Kesehatan RI menunjukkan hasil negatif COVID-19 di DKI Jakarta

"Dari hasil tes laboratorium menunjukkan tidak ada pasien penderita COVID-19 di DKI Jakarta," ujar dia.

Karena itu, Dwi Octavia menegaskan gambar dan penjelasan yang tersebar di masyarakat tidak menjelaskan secara utuh isi paparan.

"Bagi masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut terkait COVID-19 dapat menghubungi Call Center Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta di nomor 081388376955," dia menandaskan.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com

[rnd]

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 29, 2020 at 06:35AM
https://ift.tt/2I7Kpea

Beredar Persentase 115 Orang di Jakarta dalam Pemantauan Virus Corona | merdeka.com - merdeka.com
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beredar Persentase 115 Orang di Jakarta dalam Pemantauan Virus Corona | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.