Search

Sektor E-Commerce Tak Alami Dampak Wabah Virus Korona? - Okezone

JAKARTA - Wabah virus korona memberikan dampak negatif terhadap ekonomi di China dan beberapa negara. Bahkan beberapa industri ikut melemah karena penyebaran semakin luas, seperti industri smartphone hingga manufaktur.

Meskipun demikian, ada beberapa sektor yang mungkin tak terkena dampak dari wabah virus korona salah satunya e-commerce online.

Situs belanja online memiliki pasar tersendiri di tengah wabah virus, selama wabah virus Severe acute respiratory syndrome (SARS) pada 2002-2003, orang-orang berbondong-bondong untuk berbelanja online. Menariknya, salah satu situs belanja online milik Alibaba, Taobao diluncurkan pada puncak wabah SARS.

"Meskipun itu (wabah virus) membuat ribuan orang sakit dan menewaskan hampir delapan ratus orang (saat ini mencapai 2.000 lebih), wabah ini memiliki dampak menguntungkan yang aneh pada sektor internet China, termasuk Alibaba," tulis pakar internet China Duncan Clark dalam biografinya tentang pendiri Alibaba Jack Ma, seperti dilansir dari laman Tech Crunch, Senin (24/2/2020).

Untuk memastikan keamanan, perusahaan pengiriman telah menemukan cara untuk menghindari interaksi manusia, seperti solusi "contactless" Meituan Dianping, di mana pengguna bisa mengambil pesanan makanan pada kabinet atau rak yang disediakan yang nantinya diisi oleh penyedia makanan. Mobil pengantar makanan pun disterilkan.

Untuk diketahui, data dari perusahaan analitik QuestMobile, waktu rata-rata orang China berselancar di internet seluler naik dari 6,1 jam sehari di Januari, menjadi 6,8 jam di tengah wabah virus korona. Tidak hanya itu, dari sisi hiburan online, sektor video pendek juga meningkat dengan peningkatan 569 juta pengguna aktif harian di periode pasca-liburan, jauh melebihi 492 juta setiap hari.

(amr)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 24, 2020 at 02:35PM
https://ift.tt/2TcUHPc

Sektor E-Commerce Tak Alami Dampak Wabah Virus Korona? - Okezone
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Sektor E-Commerce Tak Alami Dampak Wabah Virus Korona? - Okezone"

  1. Izin ya admin..:)
    Yuk mainkan permainan POKER No ROBOT 100% silahkan langsung saja merapat dan bermain POKER bersama kami di ARENADOMINO ditunggu ya gan.. :) WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Powered by Blogger.