Search

Fogging Sudah Tak Efektif Basmi Nyamuk | Kesehatan - Gatra

Semarang,Gatra.com - Dua kecamatan di Kota Semarang, yakni Kecamatan Mijen dan Tembalang merupakan daerah rawan penyebaran demam berdarah dengue (DBD). Untuk itu, warga di kedua wilayah itu diminta waspada.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moh Abdul Hakam mengatakan hingga saat ada 71 warga Kota Semarang yang terjangkit penyakit ini.

"Ada 71 orang, 36 orang penderita merupakan laki laki, 35 orang merupakan perempuan. Rata rata memang berasal dari Kecamatan Mijen dan Tembalang," ujarnya saat ditemui Gatra.com, Rabu (26/2)

Menurutnya, perlu ada kesadaran dari masyarakat untuk mencegah penyebaran virus yang berasal dari gigitan nyamuk 

"DBD bisa di cegah lewat gerakan 3M, yakni menguras, menutup dan mengubur. Biasakan hidup bersih, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup," imbaunya.

Untuk itu saat ini Dinas Kesehatan juga tengah membangun sinergi dengan Karang Taruna untuk menghidupkan kembali gerakan bersih lingkungan.

"Kami tengah membangun sinergi dengan Karang Taruna seKota Semarang agar gerakan gerakan seperti jumat bersih atau kerja bakti dapat diaktifkan kembali di lingkungan masyarakat," ucapnya.

Sebab, katanya, pencegahan penyakit demam berdarah melalui fogging atau pengasapan tidak lagi efektif untuk membunuh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus.

"Kami sarankan kalau hendak membasmi nyamuk penyebab DBB tidak lagi menggunakan fogging karena lebih banyak efek negatif daripada positifnya. Selain dapat memicu gangguan pernapasan, rata rata nyamuk juga sudah kebal. Jadi percuma. Cara yang paling tepat ialah menjaga kebersihan diri dan lingkungan," tandasnya.


Reporter: Intan Alliva Khansa
Editor: Ade Lukmono


Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 26, 2020 at 07:54PM
https://ift.tt/3a86ZQ0

Fogging Sudah Tak Efektif Basmi Nyamuk | Kesehatan - Gatra
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

2 Responses to "Fogging Sudah Tak Efektif Basmi Nyamuk | Kesehatan - Gatra"

  1. AjoQQ memiliki tingkat persentase kemenangan yang tinggi
    Tunggu apalagi, gabung dan mainkan sekarang juga !!
    Buktikan kemampuan dan hokinya bosku didalam meja permainan ^^

    ReplyDelete

  2. dewa kemenangan hanya ada di dewalotto dengan peluang menang dan beragam jenis permainan mendorong anda supaya bisa memainkan permainan kami
    yuk silahkan kunjungin ya hnya di dewalotto :)
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.