Search

Ini Perbedaan SARS-CoV-2 dan COVID-19 - Okezone

JAKARTA- Kelompok Studi Coronavirus (CSG) dari Komite Internasional untuk Taksonomi Virus (ICTV) telah memberikan nama resmi untuk virus korona baru yang tengah mewabah di China dan beberapa negara. Nama baru untuk virus tersebut yakni severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2).

Dilansir dari laman Global Bio Defense, Jumat (21/2/2020) alasan CSG menamai virus korona menjadi SAR-CoV-2, lantaran variannya memiliki kesamaan dengan virus yang menyababkan wabah severe acute respiratory syndrom (SARS) pada 2002-2003.

Lalu apa bedanya dengan nama COVID-19 yang sebelumnya diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)?

COVID-19 merupakan nama yang diberikan WHO untuk menjelaskan penyakit yang disebabkan oleh virus korona baru. Sementara itu, SARS-CoV-2 adalah virus korona yang mengakibatkan infeksi pernapasan COVID-19.

Penamaan virus dan penyakitnya memang biasanya berbeda, misalnya saja acquired immune deficiency syndrome (AIDS) merupakan nama penyakit yang disebabkan oleh virus human immunodeficiency virus (HIV).

Sebelumnya WHO mengungkapkan penamaan COVID-19 ditetapkan untuk mencegah stigmatisasi. WHO menyarankan agar tidak menggunakan nama tempat seperti Ebola dan Zika, di mana penyakit-penyakit itu pertama kali diidentifikasi. Nama-nama yang lebih umum seperti sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) atau "flu Spanyol" juga sekarang dihindari karena mereka dapat menstigmatisasi seluruh wilayah atau kelompok etnis.

Penyakit COVID-19 yang disebabkan virus korona baru SARS-CoV-2 pada manusia pertama kali terjadi pada akhir Desember 2019. di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Virus kemudian menyebar ke provinsi lain di China dan beberapa negara seperti Thailand (Bangkok), Jepang (Tokyo), Korea Selatan (Seoul), Hong Kong, Taiwan (Taoyuan) dan masih banyak lagi.

Korban meninggal hingga saat ini berjumlah 2.247 orang yang sebagian besar berada di Wuhan dan sekitarnya. Secara keselurahn ada 76.295 orang terinfeksi virus SARS-CoV-2 per 21 Februari 2020.

(amr)

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 21, 2020 at 10:26AM
https://ift.tt/2wA4VBO

Ini Perbedaan SARS-CoV-2 dan COVID-19 - Okezone
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Perbedaan SARS-CoV-2 dan COVID-19 - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.