Search

Virus Corona Wuhan Paling Mematikan Dibanding SARS & Ebola? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan darurat internasional terkait penyebaran virus corona yang mematikan. Namun, tahukah Anda kalau persentase kematian karena virus corona paling minim jika dibandingkan virus mematikan lainnya?

Jumlah total kematian akibat wabah virus corona di China tercatat mencapai 259 orang hingga Jumat (31/1/2020) waktu setempat. Jumlah tersebut bertambah 46 dari jumlah sebelumnya. Demikian laporan Reuters yang mengutip pemberitaan televisi CCTV yang menyampaikan rilis Komisi Kesehatan Nasional negara itu.

Sementara itu, untuk jumlah negara-negara yang terjangkit virus ini mencapai 21 negara. Terakhir dilaporkan Italia, India, dan Filipina menyampaikan kasus pertama mereka pada Kamis (30/1/2020).


Benarkah Virus Corona Menjadi yang Paling Mematikan?
Dirangkum dari berbagai sumber oleh Business Insider, virus corona ternyata memiliki tingkat kematian terendah jika dibandingkan wabah virus besar lainnya dalam 50 tahun terakhir. Data ini tidak termasuk Zika, malaria, dan demam berdarah.


Menurut para ahli, virus corona Wuhan kemungkinan berasal dari kelelawar. Lebih dari 75% penyakit yang muncul berasal dari hewan. Ini disebut penyakit zoonosis, artinya mereka dapat berpindah dari hewan ke manusia.

Setidaknya, 10 wabah penyakit pada abad terakhir telah menyebar dari mamalia ke manusia, seperti kelelawar, burung, dan babi.

Ebola merupakan virus yang berasal dari kelelawar buah di Afrika barat 40 tahun yang lalu dan telah menewaskan lebih dari 13.500 orang. Virus Marberg, SARS (sindrom pernapasan akut), MERS (sindrom pernapasan Timur Tengah), dan Nipah juga berasal dari kelelawar.

Sementara itu, flu burung H7N9 dan H5N9 berasal dari unggas yang terinfeksi ke orang-orang yang di pasar Cina, dan membunuh lebih dari 1.000 orang.

Pandemi flu babi sempat heboh pada kurun waktu 2009-2010. Virus H1N1 itu menewaskan hampir 300.000 orang dalam pandemi global dan menyebar ke 214 negara dalam waktu kurang dari setahun.

[Gambas:Video CNBC]

(yam/miq)

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 01, 2020 at 03:50PM
https://ift.tt/2uPl9Gh

Virus Corona Wuhan Paling Mematikan Dibanding SARS & Ebola? - CNBC Indonesia
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Virus Corona Wuhan Paling Mematikan Dibanding SARS & Ebola? - CNBC Indonesia"

  1. Izin ya admin..:)
    Hanya Ada di DEWALOTTO semua bisa jadi jutawan jadi tunggu apa lagi yukkk...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.