Search

Peduli Tubuhmu: Mengenali Serangan Jantung, Ini Gejalanya dan Siapa yang Berisiko Terkena Serangan Jantung - Intisari

Intisari-Online.com – Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat.

Penyumbatan ini paling sering merupakan penumpukan lemak, kolesterol dan zat-zat lain, yang membentuk plak di arteri yang memberi makan jantung (arteri koroner).

Plak akhirnya pecah dan membentuk gumpalan. Aliran darah yang terganggu dapat merusak atau menghancurkan bagian dari otot jantung.

Serangan jantung, juga disebut infark miokard, bisa berakibat fatal, tetapi pengobatan telah meningkat secara dramatis selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Serangan Jantung Jadi Penyebab Meninggalnya Ashraf Sinclair, Ini yang Terjadi pada Tubuh Sebelum dan Saat Terjadi Serangan Jantung

Sangat penting untuk menghubungi bantuan medis darurat jika Anda pikir Anda mungkin mengalami serangan jantung.

Tanda dan gejala serangan jantung yang umum termasuk:

  • Tekanan, sesak, nyeri, atau sensasi meremas atau sakit di dada atau lengan Anda yang mungkin menyebar ke leher, rahang atau punggung
  • Mual, gangguan pencernaan, mulas atau sakit perut

Baca Juga: Tak Ada Angin, Mendadak Ashraf Meninggal Karena Serangan Jantung, Sosok Ini Ungkap Kondisi Kesehatah Ashaf yang Tak Banyak Diketahui Orang, Ternyata Riwayat Kesehatannya Mengejutkan

  • Sesak napas
  • Keringat dingin
  • Kelelahan
  • Sakit kepala ringan atau pusing mendadak

Gejala serangan jantung bervariasi

Tidak semua orang yang mengalami serangan jantung memiliki gejala yang sama atau memiliki tingkat keparahan gejala yang sama.

Beberapa orang mengalami sakit ringan, sementara yang lain mengalami sakit yang lebih parah.

Beberapa orang tidak memiliki gejala, tetapi bagi yang lain, tanda pertama mungkin serangan jantung mendadak.

Namun, semakin banyak tanda dan gejala yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda mengalami serangan jantung.

Baca Juga: Ashraf Sinclair Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung di Usia 40 Tahun, Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Muda Sekarang yang Mengalami Serangan Jantung

Beberapa serangan jantung menyerang secara tiba-tiba, tetapi banyak orang memiliki tanda dan gejala peringatan beberapa jam, beberapa hari atau minggu sebelumnya.

Peringatan paling awal mungkin adalah nyeri atau tekanan dada berulang (angina) yang dipicu oleh aktivitas dan berkurang dengan istirahat.

Angina disebabkan oleh penurunan sementara aliran darah ke jantung.

Kapan harus ke dokter

Segera bertindak. Beberapa orang menunggu terlalu lama karena mereka tidak mengenali tanda dan gejala penting.

Ambil langkah-langkah berikut ini seperti dilansir dari Mayo Clinic:

Meminta bantuan medis darurat. Jika Anda curiga mengalami serangan jantung, jangan ragu. Segera hubungi nomor darurat lokal Anda. Jika Anda tidak memiliki akses ke layanan medis darurat, mintalah seseorang mengantar Anda ke rumah sakit terdekat.

Kemudikan diri Anda hanya jika tidak ada pilihan lain. Karena kondisi Anda dapat memburuk, mengemudi diri Anda sendiri membuat Anda dan orang lain dalam bahaya.

Ambil nitrogliserin, jika diresepkan oleh dokter. Ambillah seperti yang diperintahkan sambil menunggu bantuan darurat.

Baca Juga: Ashraf Sinclair Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung: 1 Bulan Sebelum Serangan Jantung, Tubuh Sudah Tunjukan 6 Sinyal Ini, Waspada!

Minumlah aspirin, jika disarankan. Mengonsumsi aspirin selama serangan jantung dapat mengurangi kerusakan jantung dengan membantu menjaga agar darah Anda tidak membeku.

Aspirin dapat berinteraksi dengan obat lain, jadi jangan minum aspirin kecuali dokter atau tenaga medis darurat Anda merekomendasikannya. Jangan menunda menelepon 911 untuk minum aspirin. Panggil bantuan darurat terlebih dahulu.

Apa yang harus dilakukan jika Anda melihat seseorang yang mungkin mengalami serangan jantung

Jika Anda melihat seseorang yang tidak sadar dan Anda yakin sedang mengalami serangan jantung, pertama-tama minta bantuan medis darurat.

Kemudian periksa apakah orang tersebut bernafas dan memiliki denyut nadi. Jika orang tersebut tidak bernapas atau Anda tidak menemukan denyut nadi, baru Anda mulai CPR agar darah tetap mengalir.

Dorong keras dan cepat pada dada seseorang dalam ritme yang cukup cepat - sekitar 100 hingga 120 kompresi per menit.

Jika Anda belum dilatih tentang CPR, dokter menyarankan untuk melakukan hanya kompresi dada.

Jika Anda sudah terlatih dalam CPR, Anda bisa membuka jalan napas dan menyelamatkan pernapasan.

Baca Juga: Ashraf Sinclair Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung, Ini 5 Gejala Awal Serangan Jantung, Salah Satunya Sendawa

Ilustrasi Pertolongan Pertama Serangan Jantung.

Hindustan Times

Ilustrasi Pertolongan Pertama Serangan Jantung.

Faktor risiko

Faktor-faktor tertentu berkontribusi pada penumpukan lemak yang tidak diinginkan (atherosclerosis) yang mempersempit arteri di seluruh tubuh Anda.

Anda dapat meningkatkan atau menghilangkan banyak faktor risiko ini untuk mengurangi peluang Anda mengalami serangan jantung pertama atau yang lain.

Faktor risiko serangan jantung meliputi:

Usia. Pria berusia 45 atau lebih tua dan wanita usia 55 atau lebih tua lebih cenderung mengalami serangan jantung daripada pria dan wanita yang lebih muda.

Tembakau. Ini termasuk merokok dan pajanan jangka panjang untuk perokok pasif.

Tekanan darah tinggi. Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat merusak arteri yang memberi makan jantung Anda. Tekanan darah tinggi yang terjadi dengan kondisi lain, seperti obesitas, kolesterol tinggi atau diabetes, bahkan meningkatkan risiko Anda.

Kolesterol darah tinggi atau kadar trigliserida. Kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL) tingkat tinggi (kolesterol "jahat") kemungkinan besar akan mempersempit arteri. Trigliserida tingkat tinggi, sejenis lemak darah yang berhubungan dengan diet Anda, juga meningkatkan risiko serangan jantung. Namun, kolesterol HDL (high-density lipoprotein (HDL)) tingkat tinggi (kolesterol baik) menurunkan risiko serangan jantung.

Kegemukan. Obesitas dikaitkan dengan kadar kolesterol darah tinggi, kadar trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi dan diabetes. Kehilangan 10 persen dari berat badan Anda dapat menurunkan risiko ini.

Baca Juga: Berkaca Dari Kabar Duka Ashraf Sinclair, Mari Cegah Serangan Jantung dan PJK, Simak Rahasia Dokter Untuk Cegah Penyakit Jantung Ini

Diabetes. Tidak memproduksi cukup hormon yang dikeluarkan oleh pankreas (insulin) atau tidak merespons insulin dengan baik menyebabkan kadar gula darah tubuh Anda meningkat, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

Sindrom metabolik. Ini terjadi ketika Anda mengalami obesitas, tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi. Memiliki sindrom metabolik membuat Anda dua kali lebih mungkin terserang penyakit jantung daripada jika Anda tidak memilikinya.

Riwayat keluarga dengan serangan jantung. Jika saudara kandung Anda, orang tua atau kakek nenek Anda mengalami serangan jantung dini (pada usia 55 tahun untuk kerabat pria dan pada usia 65 tahun untuk kerabat wanita), Anda mungkin berisiko lebih tinggi.

Kurangnya aktivitas fisik. Menjadi tidak aktif berkontribusi pada kadar kolesterol darah tinggi dan obesitas. Orang yang berolahraga secara teratur memiliki kebugaran kardiovaskular yang lebih baik, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Stres. Anda mungkin merespons stres dengan cara yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Penggunaan narkoba. Menggunakan obat stimulan, seperti kokain atau amfetamin, dapat memicu kejang arteri koroner Anda yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Sejarah preeklampsia. Kondisi ini menyebabkan tekanan darah tinggi selama kehamilan dan meningkatkan risiko penyakit jantung seumur hidup.

Kondisi autoimun. Memiliki kondisi seperti rheumatoid arthritis atau lupus dapat meningkatkan risiko serangan jantung. (ktw)

Baca Juga: Ashraf Sinclair Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung, Inilah Golongan Darah yang Rawan Terkena Serangan Jantung, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Video Pilihan

PROMOTED CONTENT

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 18, 2020 at 05:00PM
https://ift.tt/2HzX4Gz

Peduli Tubuhmu: Mengenali Serangan Jantung, Ini Gejalanya dan Siapa yang Berisiko Terkena Serangan Jantung - Intisari
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peduli Tubuhmu: Mengenali Serangan Jantung, Ini Gejalanya dan Siapa yang Berisiko Terkena Serangan Jantung - Intisari"

Post a Comment

Powered by Blogger.