Search

5 Makanan Enak yang Dapat Mencegah Serangan Jantung - WinNetNews

5 Makanan Enak yang Dapat Mencegah Serangan Jantung
Winnetnews.com - Ashraf Sinclair suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari meninggal dunia akibat serangan jantung pada Selasa 18/2/2020 dini hari.

Kabar duka ini cukup menghebohkan publik, pasalnya pria 40 tahun itu tergolong termasuk pria yang menjaga kesehatan tubuhnya dan tidak ada riwayat penyakit. Tahukah kamu? Serangan jantung dapat menyerang siapa saja. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Salah satu pencegahan agar tak terkena serangan jantung adalah mengonsumsi makanan yang baik bagi jantung dan pembuluh darah. Dikutip dari CNN, berikut ini deretan makanan enak yang dapat mencegah serangan jantung.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti Salmon, sarden dan kembung kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian menunjukkan konsumsi salmon tiga kali seminggu menurunkan tekanan darah sistolik.Penelitian lain mendapati konsumsi ikan dalam jangka panjang dikaitkan dengan kolesterol, trigliserida, dan gula darah yang juga lebih rendah.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran hijau ini merupakan sumber vitamin K yang dapat melindungi pembuluh arteri.

Sayuran hijau ini juga mengandung nitrat yang mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

3. Gandum

Kolesterol yang menumpuk merupakan faktor risiko yang dapat memicu serangan jantung. Gandum juga dapat menurunkan tekanan darah sistolik. Analisis 45 studi menunjukkan, makan tiga porsi gandum utuh setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

4. Alpukat

Buah berwarna hijau ini adalah sumber lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak tak jenuh dikaitkan dengan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Konsumsi kalium juga dapat menurunkan tekanan darah yang dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke yang lebih rendah.

5. Tomat

Tomat diketahui kaya akan likopen, antioksidan yang mampu melawan inflamasi pada organ jantung. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan oksidatif di jantung dan pembuluh darah. Menurut sebuah penelitian, menemukan kadar likopen yang rendah di dalam darah dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

RELATED STORIES

Loading interface...

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

© WinNetNews 2019

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 18, 2020 at 07:38PM
https://ift.tt/2HAyGEH

5 Makanan Enak yang Dapat Mencegah Serangan Jantung - WinNetNews
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Makanan Enak yang Dapat Mencegah Serangan Jantung - WinNetNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.