Search

Sering Dianggap Sepele, GERD Ternyata Bisa Sebabkan Komplikasi Serius - Okezone

GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan penyakit yang sangat berkaitan dengan asam lambung. Ketika asam lambung keluar dan naik ke kerongkongan, maka nyeri dan rasa terbakar di dada akan muncul.

Karena itu, penderita GERD sudah harus mengatur asupan makanan dan minuman mereka dengan bijak. Tidak telat makan dan kurangi stres juga menjadi anjuran yang selalu diingatkan dokter.

Penderita GERD ternyata tidak hanya berjibaku dengan nyeri dan rasa terbakar di dada. Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, GERD bisa menyebabkan komplikasi serius di tubuh penderitanya. Jadi, GERD bukan penyakit kecil, itu berbahaya.

"GERD dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Hal ini terjadi karena asam lambung atau isi lambung yang naik, dapat menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan," ungkap dr Ari melalui pesan singkanya pada Kamis 20 Februari 2020.

Luka di dinding dalam kerongkongan ini awalnya memang luka biasa, tapi kalau dibiarkan terus dapat meluas dan bisa menyebabkan penyempitan kerongkongan bawah. Bahkan, pada beberapa kasus GERD dapat menyebabkan perubahan struktur dinding dalam kerongkongan yang menyebabkan terjadinya penyakit Barret's yang merupakan lesi pra kanker.

Selain mengakibatkan masalah di saluran cerna, asam lambung yang tinggi akibat GERD juga dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Sebut saja pada gigi, hidung, tenggorokan, pita suara, bahkan hingga ke paru-paru. Ini dia yang dimaksud dengan komplikasi ke organ tubuh lain.

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 22, 2020 at 01:30PM
https://ift.tt/3c00Wic

Sering Dianggap Sepele, GERD Ternyata Bisa Sebabkan Komplikasi Serius - Okezone
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Sering Dianggap Sepele, GERD Ternyata Bisa Sebabkan Komplikasi Serius - Okezone"

  1. Hallo kami dari DEWALOTTO ingin membagikan rejeki kepada anda semua hanya dengan bermain bersama kami yuk silahkan buktikan sendiri ya..
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.