Search

Serangan Jantung Sering Terjadi di Pagi Hari - Trubus.id

Trubus.id -- Serangan jantung bisa datang tiba-tiba dan lebih sering dialami orang dewasa. Serangan jantung umumnya terjadi ketika salah satu pembuluh darah mengalami penyumbatan. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak lemak. Kalau sudah begitu, aliran darah ke jantung jadi tidak lancar, lalu menyebabkan jantung kekurangan oksigen dan makanan.

Hal ini membuat jaringan di sekitar otot jantung rusak dan mati sehingga tidak bisa memompa darah lagi. Kemungkinan terburuknya, seseorang yang mengalami serangan jantungakan kehilangan nyawa. Bersumber dari Healthline, ada sekitar 17,7 juta orang di dunia meninggal dunia pada 2016 akibat penyakit jantung.

Baca Lainnya : Awas, Kelelahan Akibat Bekerja Bisa Ganggu Detak Jantung

Sebanyak 80 persen dari angka tersebut disebabkan oleh serangan jantung mendadak. Serangan jantung ini bisa terjadi kapan saja, tapi yang paling sering terjadi di pagi hari. Apa sebabnya?

Dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli, serangan jantung memang lebih sering, bahkan lebih berbahaya, jika terjadi di pagi hari.

Hal ini berkaitan dengan jam biologis tubuh manusia. Di malam hari, organ-organ tubuh kita bekerja lebih lambat, karena kita beristirahat atau tidur. Nah, di pagi harinya, tubuh secara otomatis akan mempersiapkan semua organ untuk kembali bekerja secara normal.

Dengan kata lain, tubuh melakukan “pemanasan” pada setiap organnya, termasuk jantung dan pembuluh darah. Ini membuat permintaan darah dan makanan meningkat di dalam tubuh, sehingga jantung harus memompa darah lebih cepat. Selain itu, pembuluh darah cenderung menyempit di pagi hari. Hal ini yang membuat jantung semakin bekerja keras. Lalu, jika ada penyumbatan di salah satu pembuluh darah, serangan jantung pun bisa terjadi.

Baca Lainnya : Durasi Tidur yang Pas Dapat Turunkan Risiko Serangan Jantung

Sebelum serangan jantung terjadi, ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai, yakni:

  •     Tiba-tiba lebih sulit bernapas
  •     Merasa dada tidak nyaman dan berdebar-debar
  •     Terasa sakit dan tidak nyaman pada bagian lengan dan leher
  •     Keringat dingin
  •     Merasa mual
  •     Tiba-tiba kepala terasa ringan atau kliyengan

Namun, biasanya tanda-tanda ini sering disepelekan karena umum terjadi dan akan hilang dengan sendirinya. Padahal bisa jadi tanda sebelum serangan jantung terjadi.

Editor : System

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 18, 2020 at 09:00PM
https://ift.tt/2HCONBS

Serangan Jantung Sering Terjadi di Pagi Hari - Trubus.id
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Serangan Jantung Sering Terjadi di Pagi Hari - Trubus.id"

  1. Daftar, mainkan dan menangkan jackpot yang besar ^^
    hanya di aj0qq +855 969 190 856

    ReplyDelete

Powered by Blogger.