Search

Jantung Koroner, Penyakit Warisan yang Bisa Serang Anak Muda - Okezone

KABAR meninggalnya Ashraf Sinclair membuat masyarakat Indonesia terkejut. Bagaimana tidak? Suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) ini meninggal dunia di usia produktif dan masih relatif muda yakni, 40 tahun.

Menurut laporan manajer BCL, Doddy, Ashraf Sinclair meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung. Hal tersebut sontak menimbulkan tanda tanya besar di tengah masyarakat. Apakah benar penyakit jantung bisa terjadi pada usia muda? Apalagi mendiang dikenal hobi berolahraga?

Dokter jantung Indonesia, dr Vito Damay, SpJP(K), FIHA, FICA dari Siloam Hospitals, tidak memungkiri kematian di usia muda memang seringkali dikaitkan dengan penyakit jantung. Namun yang perlu diketahui, sebenarnya termasuk penyakit jantung jenis yang mana?

Vito menjelaskan bahwa penyakit jantung koroner adalah jenis penyakit jantung yang mungkin paling umumn dan dikenal luas oleh sebagian besar orang. Ini wajar, mengingat penyakit jantung koroner adalah penyakit yang mendasari kejadian serangan jantung.

mengingat penyakit jantung koroner adalah penyakit yang mendasari kejadian serangan jantung.

"Penyakit Jantung Koroner bukan tidak mungkin diderita oleh orang usia muda. Faktor genetik atau keturunan adalah salah satu alasan yang mempercepat proses penyempitan pembuluh darah jantung," ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (18/2/2020).

Selain itu, penyakit ini dapat diperberat oleh faktor risiko penyakit jantung koroner lain yang muncul prematur dan tidak terkontrol misalnya penyakit kencing manis (gangguan regulasi gula darah, diabetes melitus), kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan kegemukan.

Kebiasaan merokok juga menjadi salah satu faktor risiko yang dapat memperberat proses penyakit ini. Dengan demikian, kasus serangan jantung memang dapat saja terjadi pada usia muda, dibawah 45 tahun pada laki-laki atau dibawah 55 tahun pada perempuan.

Let's block ads! (Why?)



Kesehatan - Terbaru - Google Berita
February 18, 2020 at 08:13PM
https://ift.tt/37Idg38

Jantung Koroner, Penyakit Warisan yang Bisa Serang Anak Muda - Okezone
Kesehatan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2zZ7Xy3

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Jantung Koroner, Penyakit Warisan yang Bisa Serang Anak Muda - Okezone"

  1. Ajak rekan Anda bermain card disini..
    9 game dalam user dan dapatkan bonus reff 20% setiap minggunya hanya di 4J0qq

    ReplyDelete

Powered by Blogger.